STAD Method on IPS Learning In Elementary School
Abstract
Pembelajaran IPS yang kompleks seringkali membuat siswa merasa bosan, tidak fokus, kurang motivasi dan metode yang digunakan kurang tepat menyebabkan siswa tidak maksimal dalam menerima materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu, metode yang tepat dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar adalah Metode STAD merupakan model pembelajaran yang menekankan pada pembelajaran kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 siswa dengan tingkat kemampuan yang berbeda, dalam menyelesaikan tugas kelompok setiap anggota bekerja sama secara kolaboratif dan membantu memahami pembelajaran. bahan. Pembelajaran model STAD ini membantu siswa dalam menumbuhkan rasa kerjasama antar anggota dan rasa tanggung jawab, percaya diri, kreativitas, sebagai siswa sebagai subjek, dalam proses pembelajaran. Metode STAD terdiri dari 6 fase, yaitu: Fase 1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, Fase 2. Menyajikan/menyampaikan informasi, Fase 3. Mengorganisasikan siswa dalam kelompok belajar, Fase 4, Membimbing kelompok kerja dan belajar, Fase 5. Evaluasi, Tahap 6. Berikan penghargaan. Dengan menggunakan metode STAD diharapkan proses pembelajaran IPS di SD dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Guru hanya sebagai fasilitator dan tetap memberikan bimbingan kepada siswa dalam proses belajar mengajar.
Keywords
Metode STAD, IPS
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.