Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Bilangan Tiga Angka Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Siswa Kelas III SDN 001 Tebing

Rostinawati Rostinawati

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah mengunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada mata pelajaran Matematika pada materi penjumlahan bilangan tiga angka. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan di Kelas III SD Negeri 001 Tebing Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 21 siswa yaitu 14 laki - laki dan 7 perempuan. Dari hasil-hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan bilangan tiga angka di Kelas III SD Negeri 001 Tebing, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun berjalan baik dan karenanya hasil belajar siswa meningkat secara rinci. Persentase hasil belajar siswa meningkat dari 42,85% pada nilai pra siklus, menjadi 71,42% pada nilai siklusĀ  I, dan 100% pada nilai rata-rata siklus II.

Keywords

Hasil belajar siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.