Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Muatan Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Kelas V SD Negeri 38 Ambon
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus merupakan rangkaian kegiatan yang selalu berkaitan. Pada penelitian ini ada dua jenis data yang digunakan, yaitu data kualitati dan kuantitatif. Data kualitatif adalah data tentang aktifitas peserta didik dan aktifitas guru dalam proses belajar mengajar. Pengambilan data kualitatif dengan menggunakan lembar observasi aktifitas guru selama kegiatan proses belajar mengajar berlangsung. Sedangkan data kuantitatif adalah data tentang hasil belajar siswa berupa nilai yang diperoleh dari tiga aspek, yaitu pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan aktifitas yang dialami siswa dari siklus 1 yaitu sebesar 67,23% menjadi 78,99% dan pada siklus ke-2 sebesar 78,99% menjadi 88,4%. Hasil belajar peserta didik yang dinilai dari aspek pengetahuan siklus 1 sebesar 67,04% menjadi 73,93% dan siklus 2 dari aspek sikap untuk setiap siklus yaitu 2,66% untuk siklus 1 menjadi 3,20% untuk siklus 2. Penilaian dari aspek ketrampilan setiap siklus yaitu 2,67% untuk siklus 1 menjadi 3,26% untuk siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kearifan peserta didik dan hasil belajar peserta didik pada materi siklus air pada kelas V SD Negeri 38 Ambon.
Keywords
Karakteristik pembelajaran IPA, hasil belajar, model discovery learning, aktifitas peserta didik.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.