Menentukan KPK Dan FPB Secara Bersamaan Dengan Kos-Kosan

Madhopi Madhopi

Abstract

Pemahaman siswa tentang kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB) dengan menggunakan Metode Kos-Kosan di Kelas 6 SDN Porisgaga 1 Kota Tangerang. Anak Sekolah Dasar adalah anak yang berada pada rentang usia 7-13 tahun, yang diikutsertakan dalam program pendidikan sekolah, baik negeri maupun swasta. Pendidikan anak sekolah dasar adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak usia tujuh tahun (kelas 1) sampai dengan usia tiga belas tahun (kelas enam) yang dilakukan melalui stimulasi pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan di bidang ilmu pengetahuan, termasuk didalamnya dalam hal angka dan karakter. Dalam mencari KPK dan FPB, mahasiswa terkadang menemukannya secara terpisah. Mereka menemukan KPK terlebih dahulu baru kemudian menemukan FPB secara terpisah. Penggunaan metode kost merupakan cara yang dapat melatih kemampuan mahasiswa khususnya dalam mencari KPK dan FPB secara bersamaan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Porisgaga 1 Kota Tangerang yang bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa tentang Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) Menggunakan Metode Kos-Kosan. KPK dan FPB dengan metode kost dapat meningkatkan kemampuan anak menentukan KPK dan FPB secara bersamaan sebagai tahap awal penguasaan aritmatika yang baik dan lancar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.