Hubungan Alat Peraga Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD

Yesra Surmayenti

Abstract

Pada proses pembelajaran alat peraga  mempengaruhi hasil belajar siswa. Maka rendahnya hasil belajar matematika  dapat dipengaruhi karena kurangnya penggunaan alat peraga. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui adanya hubungan positif antara alat peraga dan hasil belajar matematika siswa  kelas  II UPTD  SD Negeri 03 Maek Kecamatan Bukik Barisan  tahun ajaran  2019/2020 dan  mengetahui besarnya pengaruh penggunaan alat peraga  terhadap hasil belajar matematika  siswa II UPTD  SD Negeri 03 Maek Kecamatan Bukik Barisan kelas tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).  Partisipan atau subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 orang. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara alat peraga  dan hasil belajar matematika siswa kelas II dengan tingkat korelasi rendah yaitu sebesar 0,245. Nilai sumbangan efektif variabel minat belajar terhadap hasil belajar IPS yaitu 5,96%. Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara alat peraga dan hasil belajar matematika siswa kelas II UPTD SD Negeri  stahun ajaran 2019/2020.

Keywords

Alat peraga, hasil belajar, matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.