Hubungan Alat Peraga Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD
Abstract
Pada proses pembelajaran alat peraga mempengaruhi hasil belajar siswa. Maka rendahnya hasil belajar matematika dapat dipengaruhi karena kurangnya penggunaan alat peraga. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui adanya hubungan positif antara alat peraga dan hasil belajar matematika siswa kelas II UPTD SD Negeri 03 Maek Kecamatan Bukik Barisan tahun ajaran 2019/2020 dan mengetahui besarnya pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa II UPTD SD Negeri 03 Maek Kecamatan Bukik Barisan kelas tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Partisipan atau subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 orang. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara alat peraga dan hasil belajar matematika siswa kelas II dengan tingkat korelasi rendah yaitu sebesar 0,245. Nilai sumbangan efektif variabel minat belajar terhadap hasil belajar IPS yaitu 5,96%. Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara alat peraga dan hasil belajar matematika siswa kelas II UPTD SD Negeri stahun ajaran 2019/2020.
Keywords
Alat peraga, hasil belajar, matematika
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.