Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Sifat-Sifat Cahaya Pada Siswa Kelas IV

Hartini Hartini

Abstract

Tujuan penelitian ini meningkatkan hasil belajar siswa dengan diterapkan model Discovery Learning sebagai alternatif dalam pemecahan masalah. Dalam penelitian ini yang menjadi subjeknya adalah siswa kelas IV SDN Getas Kecamatan Cepu Kabupaten Blora yang berjumlah 13 orang siswa. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Discovery Learning. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I mencapai 61%, siklus II mencapai 76,92%, dan siklus III mencapai 84% dengan kategori sangat baik. Hambatan yang diperoleh adalah kurang efektifnya waktu dan materi, dan upaya untuk mengatasi hambatan tersebut ialah meneliti aktivitas dan kemapuan siswa di kelas agar dapat mencapai hasil penelitian yang memuaskan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian, penggunaan Model pembelajaran Discovery Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran sifat – sifat cahaya.

Keywords

Discovery Learning, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.