Discussion Methods to Improve Student’s Learning Achievement on Social Studies Lessons about Cooperation in Fourth Grade Girimulyo Elementary School
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan prestasi belajar untuk mata pelajaran IPS pada
siswa dengan menggunakan meode diskusi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian
Tindalan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tahapan setiap siklusnya adalah
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksipenulis melakukan observasi serta
memberikan tes formatif dalam setiap siklusnya untuk mengetahui perkembangan peserta didik.
Pada siklus 1 peserta didik yang mendapatkan nilai di atas KKM mencapai 63%. Setelah
dilaksanakan perbaikan di siklus 2 nilai peserta didik yang mencapai KKM yaitu 92% hasil ini
menunjukkan bahwa metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik dlam
pembelajaran IPS tentang koperasi di kelas 4 SDN Girimulyo.
siswa dengan menggunakan meode diskusi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian
Tindalan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tahapan setiap siklusnya adalah
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksipenulis melakukan observasi serta
memberikan tes formatif dalam setiap siklusnya untuk mengetahui perkembangan peserta didik.
Pada siklus 1 peserta didik yang mendapatkan nilai di atas KKM mencapai 63%. Setelah
dilaksanakan perbaikan di siklus 2 nilai peserta didik yang mencapai KKM yaitu 92% hasil ini
menunjukkan bahwa metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik dlam
pembelajaran IPS tentang koperasi di kelas 4 SDN Girimulyo.
Keywords
Prestasi belajar,metode diskusi, IPS
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.