Application of Problem Based Learning Models through Audio Visual Media to Improve the Quality of Learning Materials in Space Building in Elementary School
Abstract
Telah dilakukan penelitian tindakan kelas untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar
siswa melalui penelitian tindakan kelas dengan media pembelajaran Audio Visual. Penelitian ini
dilaksanakan di kelas III SD NEGERI KANDING tahun pelajaran 2020/2021, dengan jumlah
siswa 35 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan
menggunakan media Audio visual pembelajaran Project Problem Based Learning dapat
meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Fokus dalam penelitian ini adalah hasil
belajar kognitif. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa yaitu
dengan prosentase ketuntasan 69% pada siklus I naik menjadi 86% pada siklus II. Dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran Tema 4 Subtema 3 Menemukan Ruas Garis Pada Bangun
Ruang melalui Audio Visual pembelajaran 1 dengan menggunakan model pembelajaran Project
Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar serta aktivitas belajar siswa.
siswa melalui penelitian tindakan kelas dengan media pembelajaran Audio Visual. Penelitian ini
dilaksanakan di kelas III SD NEGERI KANDING tahun pelajaran 2020/2021, dengan jumlah
siswa 35 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan
menggunakan media Audio visual pembelajaran Project Problem Based Learning dapat
meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Fokus dalam penelitian ini adalah hasil
belajar kognitif. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa yaitu
dengan prosentase ketuntasan 69% pada siklus I naik menjadi 86% pada siklus II. Dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran Tema 4 Subtema 3 Menemukan Ruas Garis Pada Bangun
Ruang melalui Audio Visual pembelajaran 1 dengan menggunakan model pembelajaran Project
Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar serta aktivitas belajar siswa.
Keywords
Media audio visual, problem based learning, hasil belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.