Efforts to Improve the Learning Activity of Students through Students Worksheets with Cooperative Learning Method for IV Grade in Elementary School
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik
pada mata pelajaran tematik melalui media LKPD dengan menggunakan metode Cooperatif
Learning pada kelas IV SD Negeri Pende 02 Kersana Brebes. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah peserta didik kelas IV berjumlah 24 siswa.
Desain PTK menggunakan media LKPD dengan metode Cooperative Learning yang meliputi
perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan
kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase keaktifan guru dalam
mengelola kelas dan keaktifan belajar peserta didik, hal ini dapat dilihat dari kegiatan pra
tindakan dan setiap siklus, yaitu tindakan keaktifan guru dalam mengelola kelas pada siklus I
sebesar 70%, sedangkan pada siklus II sebesar 83%. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan
rata-rata keaktifan belajar peserta didik dari siklus I sebesar 72%, sedangkan pada siklus II
sebesar 85,24%. Begitu juga keaktifan belajar peserta didik secara klasikal dari siklus I juga
mengalami kenaikan pada siklus II. Dari siklus I 73,21% pada siklus II menjadi 82,39%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media LKPD dan model
pembelajaran Cooperatif Learning dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan keaktifan
belajar peserta didik.
pada mata pelajaran tematik melalui media LKPD dengan menggunakan metode Cooperatif
Learning pada kelas IV SD Negeri Pende 02 Kersana Brebes. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah peserta didik kelas IV berjumlah 24 siswa.
Desain PTK menggunakan media LKPD dengan metode Cooperative Learning yang meliputi
perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan
kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase keaktifan guru dalam
mengelola kelas dan keaktifan belajar peserta didik, hal ini dapat dilihat dari kegiatan pra
tindakan dan setiap siklus, yaitu tindakan keaktifan guru dalam mengelola kelas pada siklus I
sebesar 70%, sedangkan pada siklus II sebesar 83%. Hal tersebut diiringi dengan peningkatan
rata-rata keaktifan belajar peserta didik dari siklus I sebesar 72%, sedangkan pada siklus II
sebesar 85,24%. Begitu juga keaktifan belajar peserta didik secara klasikal dari siklus I juga
mengalami kenaikan pada siklus II. Dari siklus I 73,21% pada siklus II menjadi 82,39%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media LKPD dan model
pembelajaran Cooperatif Learning dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan keaktifan
belajar peserta didik.
Keywords
Keaktifan, tematik, cooperatif Learning, LKPD.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.