The Enhancement of Motivation and Mathematics Competence Using Realistic Mathematics Education (RME) Approach on The 2nd Grade of SDN 1 Srowot
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan motivasi belajar
siswa kelas II SD N 1 Srowot tahun ajaran 2020/2021 dengan pendekatan Realistic
Mathematics Education (RME). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).
Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang terdiri
atas perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah
siswa Kelas II SDN 1 Srowot yang berjumlah 23 peserta didik. Sumber data berasal dari guru
dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, tes dan
dokumentasi. Validitas data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data
menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
persentase ketuntasan klasikal pratindakan, siklus I yang semula yaitu 50% meningkat menjadi
73% dan pada siklus II menjadi meningkat ke dalam presentase 100%. Peningkatan
keterampilan matematika dalam materi pecahan dengan menggunakan bangun datar dengan
pendekatan RME yang diterapkan pada peserta didik Kelas II SD N 1 Srowot meningkat yang
semula pada siklus I yaitu 70 menjadi 81,5 pada siklus II dan dapat dikategorikan sangat baik.
siswa kelas II SD N 1 Srowot tahun ajaran 2020/2021 dengan pendekatan Realistic
Mathematics Education (RME). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).
Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang terdiri
atas perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah
siswa Kelas II SDN 1 Srowot yang berjumlah 23 peserta didik. Sumber data berasal dari guru
dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, tes dan
dokumentasi. Validitas data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data
menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
persentase ketuntasan klasikal pratindakan, siklus I yang semula yaitu 50% meningkat menjadi
73% dan pada siklus II menjadi meningkat ke dalam presentase 100%. Peningkatan
keterampilan matematika dalam materi pecahan dengan menggunakan bangun datar dengan
pendekatan RME yang diterapkan pada peserta didik Kelas II SD N 1 Srowot meningkat yang
semula pada siklus I yaitu 70 menjadi 81,5 pada siklus II dan dapat dikategorikan sangat baik.
Keywords
Realistic mathematics education, motivasi, hasil belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.