Perbandingan Model Pembelajaran Direct Intruction (DI) dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Sri Wildaningsih, Ejen Jenal Mutaqin, Neni Nadiroti Muslihah

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis sangat penting dimiliki oleh siswa, pada kenyataannya kemampuan komunikasi matematis siswa masih tergolong rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah penggunaan model pembelajaran di kelas. Menanggapi hal tersebut, terdapat dua model yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Model Pembelajaran Direct Instruction (DI) dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat model pembelajran DI, menganalisis peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa model pembelajaran kooperatif tipe NHT, dan menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa yang lebih baik antara yang mendapatkan model pembelajaran DI dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen, dengan populasi seluruh siswa-siswi di SDN 1 Mekarsari, sedangkan yang menjadi sampel yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen 2. Secara kuantitatif, hasil penelitian peningkatan kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen 1 menunjukan interpretasi peningkatan sedang dengan rata-rata gain sebesar 0,37. Dan untuk hasil penelitian peningkatan kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen 2 menunjukan interpretasi peningkatan sedang dengan rata-rata gain sebesar 0,58. Berdasarkan kedua hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik daripada model pembelajaran DI.

Keywords

Komunikasi Matematis, Direct Intruction, Numbered Head Together

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.