Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika

Neneng Mila Avivah, Eko Fajar Suryaningrat

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena siswa kurang termotivasi dalam belajar dan kurang paham terhadap konsep matematika. Peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) untuk mengetahui berapa besar pengaruh pada proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel  diambil dengan Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket, tes, dan observasi. Hasil penelitian data motivasi belajar siswa setelah diberikan model TGT (Team Games Tournament) dengan analisis data uji-t’ menggunakan taraf signifikasi 5% (0,05) menunjukkan bahwa t’hitung = 10,6 dan karena tidak berdistribusi normal maka selanjutnya digunakan statistik inferensial dengan nilai = 2,073. Sehingga daerah penerimaan H0 berada diantara -2,073 dan 2,073. Karena t’ berada di luar daerah penerimaan H0 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil analisis pemahaman konsep matematika dengan uji-t menunjukkan bahwa thitung = 2,176 dan ttabel = 2,015 karena thitung = 2,176 > ttabel = 2,015 berada di luar daerah penerimaan H0 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan yang siginifikan motivasi belajar dan pemahaman konsep matematika antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dan siswa yang tidak mendapatkan model pembelajaran.

Keywords

motivasi belajar, pemahaman konsep matematika, TGT (Team Games Tournament)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.