Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Dalam Pelajaran IPA Materi Sifat dan Perubahan Wujud Benda di SDN 1 Tanjunganom
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu keterampilan proses sains yang terdiri dari tujuh indikator mengobservasi, mengklasifikasikan, mengukur, memprediksi, menggunakan alat dan bahan atau melakukan percobaan sederhana, mengomunikasikan, dan menyimpulkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan proses sains kelas V pada mata pelajaran IPA di SDN 1 Tanjunganom. Hasil penelitian menunjukkan model discovery learning berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa kelas V SDN 1 Tanjunganom pada pokok pembahasan sifat dan perubahan wujud benda. Hal ini didasarkan pada hasil perhitungan data diperoleh hasil posttest thitung sebesar 6,100 lebih besar dari ttabel yang sebesar 2,021 dan untuk hasil post observasi thitung sebesar 4,529 lebih besar dari ttabel yang sebesar 2,021 maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat mempengaruhi keterampilan proses sains pada mata pelajaran IPA di SDN 1 Tanjunganom.
Keywords
Model Pembelajaran Discovery Learning, Keterampilan Proses Sains
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.