Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Dasar Seni Tari Klasik (Tari Dasar Putri) Melalui Metode Demontrasi

Yani Noor, Geri Syahril Sidik, Agus Ahmad Wakih

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran dasar seni tari klasik (tari dasar putri). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus I dilaksanakan sesaui dengan rencana pembelajaran dan siklus II berpedoman pada hasil refleksi siklus I. Hasil penelitian pada pembelajaran dasar seni tari klasik (tari dasar putri), setiap siklusnya mengalami peningkatan, pada siklus I skor tertinggi 62 dengan rata-rata skor 54 dari 5 orang, pada siklus II skor tertinggi 85 dengan rata-rata skor 80 dari 6 orang, hal ini memperlihatkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran dasar seni tari klasik (tari dasar putri) melaui metode demontrasi di kelas V SD Negeri 1 Cibeber Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019-2020.

Keywords

Seni Tari Klasik, Motivasi Belajar, Metode Demontrasi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.