Penggunaan Media Pembelajaran dengan Benda Konkret untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika

Wulan Nur Aeni, Yus Darusman, Hatma Heris Mahendra

Abstract

Penelitian ini memberikan informasi tentang cara penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan media  yang dapat digunakan pada mata pelajaran matematika materi volume balok di kelas V SD. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) denagn teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah melalui observasi, test, wawancara dan dukumentasi. Pada siklus I hasil belajar melalui tes tertulis tanpa menggunakan media pembelajaran benda konkret siswa sebanyak 17 (50%) siswa mendapatkan nilai diatas KKM, 5 (15%) siswa setara dengan KKM dan 12 (35%) siswa dibawah KKM. Pada siklus II dengan menggunakan media pembelajaran benda konkret terjadi peningkatan dari siklus sebelumnya. Sebanyak 26 (75%) siswa mendapatkan nilai diatas KKM, 3 (10%) siswa setara dengan KKM dan sebanyak 5 (15%) siswa di bawah KKM. Kemudian, siklus III sebanyak 29 (85%) siswa mendapatkan nilai diatas KKM, 3 (10%) siswa setara dengan KKM dan sebanyak 2 siswa (5%) di bawah KKM. Pada nilai hasil ketuntasan belajar terjadi peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu nilai rata-rata 67, 83, dan 91. Bedasarkan penelitian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran dengan benda konkret terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Keywords

Media Pembelajaran, Benda Konkret, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.