Implementasi Metode Glenn Doman dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas I SD Negeri Bojong Kecamatan Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019

Resi Indah Budiarti, Dedi Heryadi, Riga Zahara Nurani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatakan kemampuan membaca terhadap siswa kelas I SD Negeri Bojong melalui metode Glenn Doman yang menggunakan media berupa flash card yang terbuat dari kertas karton dengan ukuran 15x50cm. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan tiga siklus. Setiap siklus ada empat tahapan yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi terhadap siswa SD Negeri Bojong, dan wawancara yang dilakukan dengan berbagai pihak diantaranya dengan guru kelas I, seluruh siswa kelas I, dan kepala sekolah SD Negeri Bojong. Hasil penelitian melalui metode Glenn Doman menunjukkan adanya peningkatan membaca dari setiap siklus yang dialami siswa kelas I SD Negeri Bojong, setiap siklus ada empat tahapan. Skor rata-rata yang di peroleh pada siklus I 3,03, siklus II 3,2, dan siklus III 3,5. Jadi metode Glenn Doman mampu meningkatkan kesulitan membaca yang dialami siswa kelas I SD Negeri Bojong kecamatan cikatomas kabupaten tasikmalaya.

Keywords

Kesulitan, membaca, metode Glenn Doman

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.