Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 1 Gununglipung

Fahmi Fikri Fauzi, Cece Rakhmat, Hatma Heris Mahendra

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) serta meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada mata pelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang mengadaptasi model Kemmis dan Taggart. Subjek yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas V SDN 1 Gununglipung Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya sebanyak  35 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan lembar observasi aktivitas belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukan pada tahap Pra Siklus ketuntasan belajar klasikal mencapai 20,7% dengan persentase aktivitas belajar sebesar 44%. Sementara pada Siklus I ketuntasan belajar klasikal mencapai 41,4% dengan persentase aktivitas belajar sebesar 61%. Dan pada Siklus II ketuntasan belajar klasikal mencapai 75% dengan persentase aktivitas belajar sebesar 77%. Hal tersebut menunjukan adanya peningkatan dari tahap Pra Siklus sampai ke Siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Keywords

Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Course Review Horay (CRH)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.