Penerapan Model Pembelajaran Think, Pair, and Share Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas V SD Negeri I Bojonggambir

Arini Ainaki Nur Dinaqi, Cece Rakhmat, Fajar Nugraha

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di Kelas V SD Negeri I Bojonggambir, kecamatan Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil  belajar siswa pada pembelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Think, Pair, and Share (TPS) pada siswa kelas V SD Negeri 1 Bojonggambir, kab. Tasikmalaya, tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran Think, Pair, and Share, pratindakan nilai rata-rata siswa adalah 53.21, yang mencapai ketuntasan sebanyak 8 siswa (28.5%) dan belum mencapai ketuntasan 20 siswa (71.4%). Siklus I meningkat sebanyak 8.21 dengan nilai rata-rata adalah 60.71, yang mencapai ketuntasan 15 siswa (53.6%) dan belum tuntas 13 siswa (46.4%). Siklus II meningkat sebanyak 18.93 dari siklus I, sedangkan jika dibandingkan dengan pratindakan meningkat sebanyak 27.14 dengan nilai rata-rata menjadi 80.35, yang mencapai ketuntasan 25 siswa (89.2%) dan belum tuntas 3 siswa (10.8%).  Implikasi penelitian ini adalah penggunaan model model pembelajaran Think, Pair, and Share (TPS) pada pembelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords

TPS, Hasil belajar, IPS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.