Meningkatkan Mutu Belajar Siswa Kelas XI IPA 4 Melalui Bimbingan Terfokus pada SMA Negeri 4 Surakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan mutu belajar siswa kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 4 Surakarta melalui bimbingan terfokus pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019, dan melalui bimbingan terfokus dapat meningkatkan mutu belajar siswa kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 4 Surakarta pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Tindakan penelitian dilakukan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan instrumen monitoring dan evaluasi untuk mengetahui kemampuan manajemen dan administrasi kepala sekolah. Hasilnya dianalisis menggunakan analisis diskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan mutu belajar siswa kelas XI IPA 4 dengan skor rerata pada tindakan I yaitu dari kondisi awal ke siklus I sebesar 45,15menjadi 62,23 dan meningkat lagi pada siklus II sebesar yaitu dari siklus I ke siklus II sebesar 14,30. Peningkatan juga terjadi pada bimbingan terfocus dengan skor rerata tindakan siklus I yaitu dari kondisi awal ke siklus I sebesar 64,48 dan tindakan siklus II yaitu dari siklus I 72,65 ke siklus II sebesar 79,08. Maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan terfocus pada siswa kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 4 Surakarta dapat ditingkatkan melalui tindakan diskusi terfokus.
Keywords
Mutu, Belajar, Bimbingan Terfokus
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.