Implementasi Teknik Relaksasi pada Pembelajaran Matematika Terhadap Kepercayaan Diri Mahasiswa PGSD
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penerapan teknik relaksasi terhadap kepercayaan diri mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada mahsiswa PGSD semester 4 di Universitas PGRI Palembang tahun ajaran 2018/ 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah pratest-postest kelompok tunggal (the one group pratest posttest). Subyek pada penelitian ini seluruh mahasiswa semster 4 Prodi PGSD berjumlah 35 mahasiswa. Teknik relaksasi adalah salah satu bentuk terapi berupa pemberian instruksi kepada seseorang untuk menutup mata dan berkonsentrasi pada pernafasan sehingga akan tercipta keadaan yang nyaman dan tenang, serta memberikan instruksi berupa gerakan-gerakan mulai dari kepala sampai kaki yang tersusun secara sistematis untuk melatih otot menjadi rileks. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan mahasiswa mengalami peningkatan dan mengasilkan kepercayaan diri tinggi. Hal tersebut ditunjukkan dengan perubahan tingkat kepercayaan diri mahasiswa dalam pembelajaran matematika sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan teknik relaksasi. Hasil Penelitian menunjukkan pada hasil pratest rerata sebesar 46,00 sedangkan hasil postest rerata sebesar 90,16. Sehingga dari penelitian ini dapat disimpulan bahwa adanya peningkatan kepercayaan diri mahasiswa setelah diberi perlakuan menggunakan teknik relaksasi.
Keywords
Teknik Relaksasi, Pembelajaran Matematika, Kepercayaan Diri
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.