Higher Order Thinking Skills dalam Pembelajaran IPA melalui Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar

Atika Dwi Evitasari

Abstract

Kegiatan ini mempunyai tujuan untuk dapat mengembangkan higher order thinking skill dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan model Problem Based Learning pada peserta didik Sekolah Dasar. Higher order thinking skills (HOTS) merupakan keterampilan tingkat tinggi yang menuntut individu dapat berpikir atau bertindak secara kreatif, melakukan evaluasi dan analisis dalam memecahkan masalah. Terutama memecahan masalah yang berkaitan gejala-gejala yang muncul berkaitan dengan materi IPA. Menganalisis, mengevaluasi, dan berkreasi merupakan keterampilan tingkat tinggi yang harus dikuasai oleh setiap individu. Model Problem Based Learning (PBL) adalah model yang sangat dimungkinkan untuk dapat mengembangkan HOTS. Peserta diklat dilatih untuk dapat mendesain pembelajaran IPA berbasis model PBL sehingga tujuan pembelajaran terkait pengembangan HOTS bagi peserta didik tercapai dengan baik. Model PBL  mempunyai tahapan pembelajaran berupa 1) orientasi peserat didik terhadap masalah; 2) mengorganisasi peserta didik untuk belajar; 3) membimbing penyelidikan individual atau kelompk; 4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya; dan 5) menganalisis dan mengevaluasi pemecahan masalah. Oleh karena itu model PBL dapat membantu mengembangkan higher order thinking skills dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.

Keywords

higher order thinking skill, hots, problem based learning, IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.