COLLABORATIVE ACADEMIC SUPERVISION TO IMPROVE INSTRUCTIONAL COMPETENCY IN IMPLEMENTATION CURRICULUM 2013 IN ALIAN DISTRICT

Karsiyem Karsiyem

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Sekolah ini adalah ingin memperoleh informasi  bahwa supervisi akademik pendekatan kolaboratif  teknik individual dapat meningkatkan kemampuan dalam pembelajaran dengan  menerapkan Kurikulum 2013 bagi guru kelas I di sekolah binaan Kecamatan Alian tahun 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik pendekatan kolaboratif teknik individual dapat meningkatkan kemampuan pembelajaran dengan menerapkan Kurikulum 2013 pada guru kelas I di sekolah binaan Kecamatan Alian tahun 2018.Hal ini terbukti pada hasil penelitian dari setiap siklus kemampuan pembelajaran dalam menerapkan Kurikulum 2013 bagi guru kelas I meningkat. Pada kondisi awal nilai rata-rata  silabus guru kelas I  adalah 62, 9. Nilai rata-rata  RPP guru kelas I  adalah 65, 7. Nilai rata-rata  pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan Kurikulum 2013 guru kelas I  adalah 64,7. Siklus I nilai rata-rata silabus 72,6. Nilai rata-rata  RPP 72,2, dan nilai rata-rata pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan Kurikulum 2013 adalah 70,6. Pada siklus II nilai rata-rata silabus 74,8. Nilai rata-rata  RPP 77,0. Nilai rata-rata pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan Kurikulum 2013 adalah 79,3. Siklus III nilai rata-rata silabus 79,8. Nilai rata-rata  RPP 81,5. dan nilai rata-rata pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan Kurikulum 2013 adalah 83,9.Dengan demikian penelitian ini dinyatakan berhasil.

Keywords

supervisi akademik kolaboratif, individual, kemampuan guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.