REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION CAN IMPROVE THE UNDERSTANDING OF THE CONCEPT OF MATHEMATIC LESSONS IN ELEMENTARY SCHOOL

Yeni Dwi Kurino

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep matematika pada pembelajaran matematika di SD negeri Sindangkasih. Rendahnya pemahaman komnsep tersebut dilihat dari hasil belajar siswa pada pelajaran matematika, yaitu banyak siswa yang masih dibawah KKM. Dalam hal ini guru mengupayakan agar siswa dalam belajar matematika lebih bersifat nyata atau kongkrret yaitu dengan menggunakan model pembelajaran realistic mathematic education. Dengan demikian, siswa mampu menemukan caranya sendiri untuk memecahkan masalah dalam pelajaran matemtika di kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari beberapa tindakan yang membahas materi matematika pada kelas V sekolah Dasar. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan realistic mathematic education, maka pemahaman konsep meningkat. Hal ini terlihat pada tes yang diberikan peneliti kepada seliuruh siswa dikelas V Sekolah Dasar Sindangkasih yaitu terdapat peningkatan dari rata-rata nilai pemahamn konsep  data awal 50, siklus I rata-rata nilai 65 dan siklus II dengan rata-rata nilai  90. Interaksi siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru lebih kondusif, hasil pemahaman konsep siswa tiap tindakan selama penelitian berlangsung mengalami peningkatan

Keywords

Realistic Mathematic Education.dan Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.