REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION CAN IMPROVE THE UNDERSTANDING OF THE CONCEPT OF MATHEMATIC LESSONS IN ELEMENTARY SCHOOL
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep matematika pada pembelajaran matematika di SD negeri Sindangkasih. Rendahnya pemahaman komnsep tersebut dilihat dari hasil belajar siswa pada pelajaran matematika, yaitu banyak siswa yang masih dibawah KKM. Dalam hal ini guru mengupayakan agar siswa dalam belajar matematika lebih bersifat nyata atau kongkrret yaitu dengan menggunakan model pembelajaran realistic mathematic education. Dengan demikian, siswa mampu menemukan caranya sendiri untuk memecahkan masalah dalam pelajaran matemtika di kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari beberapa tindakan yang membahas materi matematika pada kelas V sekolah Dasar. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan realistic mathematic education, maka pemahaman konsep meningkat. Hal ini terlihat pada tes yang diberikan peneliti kepada seliuruh siswa dikelas V Sekolah Dasar Sindangkasih yaitu terdapat peningkatan dari rata-rata nilai pemahamn konsep data awal 50, siklus I rata-rata nilai 65 dan siklus II dengan rata-rata nilai 90. Interaksi siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru lebih kondusif, hasil pemahaman konsep siswa tiap tindakan selama penelitian berlangsung mengalami peningkatan
Keywords
Realistic Mathematic Education.dan Pemahaman Konsep
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.