REWARD AND PUNISHMENT IN THE PERSPECTIVE OF BEHAVIORISM LEARNING THEORY AND ITS IMPLEMENTATION IN ELEMENTARY SCHOOL

Ahmad Syawaludin, Sri Marmoah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tentang reward dan punishment dalam perspektif teori belajar behaviorisme; (2) mendeskripsikan implementasi pemberian reward dan punishment sebagai reinforcement (penguatan) dalam pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru SD yang terdiri atas guru kelas tinggi dan guru kelas rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan in-depth interview guna mendapatkan data lengkap tentang implementasi reward dan punishment di SD. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reward dan punishment dalam perspektif teori belajar behaviorisme dipandang sebagai suatu bentuk penguatan yang mempengaruhi kuat lemahnya hubungan stimulus dan respon. (2) Implementasi reward dan punishment di sekolah dasar memberikan dampak yang positif bagi siswa. Siswa menjadi lebih semangat untuk menjadi lebih baik dalam belajar dan berperilaku. Implementasi reward dan punishment sebagai reinforcement pembelajaran juga mampu menciptakan suasana kelas yang kompetitif.

Keywords

behaviorisme, reward, punishment, sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.