MOTIVATION IN SOCIAL SCIENCE LEARNING IN DIGITAL ERA: CASE STUDY OF MULTIMEDIA USE
Abstract
Pembelajaran IPS dilakukan untuk membentuk metal siswa agar siap dalam menghadapi lingkungan sosialnya, khusunya di era digita yang saat ini sangat pesat. Era dimana manusia secara umum memiliki gaya hidup baru yang tidak bisa dilepaskan dari perangkat yang serba elektronik. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran IPS menggunakan multimedia pada era digital pada tiga SD di Kecamatan Kebumen. Pembelajaran yang dirasa membosankan bagi siswa ini memerlukan sebuah inovasi guna tercapainya sebuah kompetensi IPS. Penggunaan media pada pembelajaran dapat menjadi salah satu alternatifnya. Media yang digunakan adalah multimedia, yang berarti dalam sebuah pembelajaran, menggunakan beberapa media yang berbeda-beda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan Teknik pengumpulan data wawancara semi terstruktur, observasi partisipasi pasif dan didukung oleh dokumen yang terkait. Secara ringkas, respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan multimedia dapat menumbuhkan motivasi siswa dalam mencapai sebuah kompetensi.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.