IMPROVEMENT OF KNOWLEDGE ABILITY ABOUT ECONOMIC ACTIVITIES THROUGH THE GROUP INVESTIGATION MODEL

Peduk Rintayati, Arif Nofa Sugiyanto

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan kegiatan ekonomi siswa kelas VA SDN Dukuhan Kerten no. 58 Surakarta tahun pelajaran 2017/ 2018 dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation (GI). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru kelas dan siswa kelas VA SDN Dukuhan Kerten no. 58 Surakarta tahun pelajaran 2017/ 2018 yang berjumlah 30 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri atas reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan, serta menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Prosedur penelitian menggunakan model spiral yang saling berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan kemampuan pengetahuan materi pokok kegiatan ekonomi siswa kelas VA SDN Dukuhan Kerten no. 58 Surakarta tahun pelajaran 2017/ 2018.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.