The Influence of Project Based Learning with Augmented Media Reality on Critical Thinking Skills of Science Grade 6

Nur Dani Rumanti, Kartika Chrysti Suryandari, Sudiyanto Sudiyanto

Abstract

Pendidikan yang berbasis teknologi menjadi indikator penting kesiapan dunia pendidikan menghadapi tantangan abad ke-21. Bersamaan dengan hal tersebut, kesiapan guru dalam memanfaatkan teknologi terkini sebagai salah satu unsur media pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan unntuk mengkaji literatur penerapan Problem Based Learning berbantuan  Penelitian ini berbasis Tinjauan Pustaka Sistematis atau Systematic Literature Review (SLR). Tujuan dari tinjuan Pustaka  ini yaitu menganalisis hasil-hasil penelitian Project Based Learning berbantuan media Augmented Reality terhadap keterampilan berpikir kritis IPAS. Teknik pengumpulan data berdasarkan tinjauan Pustaka dari 20 jurnal bereputasi dan artikel terakreditasi untuk mendapatkan gambaran penuh tentang Augmented reality, project based learning dan keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Problem Based Learning berbantuan media Augmented reality secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah Problem Based Learning berbantuaan Media Augmented Reality layak digunakan dalam pembelajaran sekolah dasar karena berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis.  

Keywords

Augmented Reality (AR), Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.