Dilema Akademik: Stress Akademik dan Gejala Psikosomatis Mahasiswa Kampus V Universitas Negeri Padang

Naila Chantika Putri, Rida Yanna Primanita

Abstract

Penelitian ini mengkaji kontribusi stres akademik terhadap gejala psikosomatis pada mahasiswa Kampus V Universitas Negeri Padang. Dengan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dari 148 responden menggunakan kuesioner skala Likert dan dianalisis melalui regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stres akademik tidak memiliki hubungan signifikan dengan gejala psikosomatis (p > 0,05, r = 0,109). Hal ini menunjukkan bahwa stres akademik saja tidak secara langsung memicu keluhan psikosomatis, karena faktor moderasi seperti dukungan sosial, strategi coping, dan nilai budaya berperan penting dalam menekan dampaknya. Penelitian ini menekankan pentingnya pendekatan holistik dalam pengelolaan stres mahasiswa di perguruan tinggi.

Keywords

stres akademik, gejala psikosomatis, mahasiswa, coping, dukungan sosial

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.