Dilema Akademik: Stress Akademik dan Gejala Psikosomatis Mahasiswa Kampus V Universitas Negeri Padang
Abstract
Penelitian ini mengkaji kontribusi stres akademik terhadap gejala psikosomatis pada mahasiswa Kampus V Universitas Negeri Padang. Dengan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dari 148 responden menggunakan kuesioner skala Likert dan dianalisis melalui regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stres akademik tidak memiliki hubungan signifikan dengan gejala psikosomatis (p > 0,05, r = 0,109). Hal ini menunjukkan bahwa stres akademik saja tidak secara langsung memicu keluhan psikosomatis, karena faktor moderasi seperti dukungan sosial, strategi coping, dan nilai budaya berperan penting dalam menekan dampaknya. Penelitian ini menekankan pentingnya pendekatan holistik dalam pengelolaan stres mahasiswa di perguruan tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.



