Profil Kompetensi Sosial Guru BK menurut Persepsi Guru Mata Pelajaran di SMA

Alfonsia Maria Resaa, Wens Nagul, Rosa Mustika Bulor

Abstract

Kompetensi sosial guru BK adalah kemampuan dalam berinteraksi dan berkomunikasi secara efektif dengan seluruh warga sekolah, termasuk siswa, guru lain, kepala sekolah, dan masyarakat sekitar. Persepsi guru mata pelajaran adalah cara seorang guru yang ahli dan bertanggung jawab dalam suatu mata pelajaran memahami dan menafsirkan informasi yang diterimanya melalui panca indera. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kompetesi sosial guru BK menurut persepsi guru mata pelajaran di SMAK Giovanni Kupang tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian berjumlah 61 orang. Alat pengumpul data berupa angket kompetensi sosial guru BK. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kecenderungan pusat. Hasil analisis penelitian menunjukan skor rata-rata profil kompetensi sosial guru BK sebesar 113 berada pada rentangan 112-136 termasuk kategori sangat tinggi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa menurut persepsi guru mata pelajaran, guru BK di SMAK Giovanni Kupang telah melaksanakan tugasnya dengan sangat baik.

Keywords

Kompetensi sosial, Presepsi guru mata pelajaran, Guru BK

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.