Studi Fenomenologis tentang Pengalaman Remaja yang Sekolah dan Bekerja
Abstract
Remaja yang menjalani peran ganda sebagai pelajar dan pekerja menghadapi tekanan ekonomi, tuntutan sosial, serta dorongan kemandirian yang dapat memengaruhi perkembangan psikososial dan pendidikan mereka. Kondisi ini penting diteliti karena belum banyak kajian yang menggambarkan secara mendalam pengalaman remaja dalam menyeimbangkan tanggung jawab belajar dan bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dinamika pengalaman remaja yang sekolah sambil bekerja serta makna yang mereka temukan dalam peran tersebut. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis interpretatif. Partisipan berjumlah tiga orang remaja yang mulai bekerja sejak usia sekolah dan dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan lima tema utama, yaitu peran keluarga dalam membangun kemandirian, internalisasi tanggung jawab dewasa, dukungan sosial dalam menyeimbangkan pendidikan dan pekerjaan, dinamika pencarian identitas diri, serta pemaknaan terhadap sekolah dan bekerja. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa dukungan keluarga, teman sebaya, dan guru berperan penting dalam menjaga keseimbangan peran ganda remaja.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.



