Profil Minat Belajar Siswa SMP dan Implikasi bagi Program Bimbingan Belajar
Abstract
Minat belajar merupakan kecenderungan dalam diri seseorang yang menunjukkan rasa ketertarikan dan antusiasme dengan perhatian yang tinggi terhadap suatu objek atau aktivitas. Implikasi bagi bimbingan belajar dipahami sebagai sumbangan dari hasil penelitian ini bagi program bimbingan belajar pada siswa agar dapat membantu siswa untuk meningkatkan minat belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui: Profil minat belajar siswa kelas VIII D UPTD SMP Negeri 10 Kupang tahun pelajaran 2024/2025 dan implikasi profil minat belajar bagi program bimbingan belajar siswa kelas VIII D UPTD SMP Negeri 10 Kupang tahun pelajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan alat pengumpul data berupa angket minat belajar siswa. Populasi penelitian dan sampel berjumlah 30siswa dengan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data penelitian menggunakan rumus kecenderungan pusat. Hasil analisis data penelitian menunjukkan skor rata-rata profil sebesar 93,5333 berada pada rentangan skor 80–103 termasuk kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa profil minat belajar siswa kelas VIII D UPTD SMP Negeri 10 Kupang dan implikasinya bagi program bimbingan belajar tahun pelajaran 2024/2025 termasuk dalam kategori tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.



