Gambaran Mission Driven Sosial Entreprenuer pada Pendiri Non Govermental Organization (NGO) “X” di Kota Bukittinggi

Mutiara Hendri, Yanladila Yeltas Putra

Abstract

Menjadi pengusaha non-governmental organization (NGO) tidak cukup asing bagi kita, apalagi tindakan yang dilakukan sukarela dalam memberikan dukungan kepada individu atau suatu komunitas, ini menjadi bagian penting dari insiatif pembangunan sosial ekonomi di berbagai wilayah di seluruh dunia termasuk Indonesia Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana gambaran mission driven sosial entreprenuer pada pendiri non-govermental organization. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis partisipan peneliti adalah pengusaha non-governmental organization (NGO) yang bergerak di bidang sosial entreprenuer data hasil temuan penelitian dianalisis dan diabsahkan dengan ketentuan yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Pengumpulan dan hasil temuan penelitian dilakukan dengan wawancara secara mendalam pada sosial entrepreneur. Pada hasil  penelitian ini ditemukan 5 tema besar yaitu nilai motivasi pribadi, kepemimpinan berbasis mission driven, transformasi aksi sosial, relasi sosial, dan tantangan inovasi. Dengan demikian, sosial entreprenuer mission driven bukan sekadar cerita, tetapi merupakan bentuk komitmen mendalam yang terwujud melalui aksi nyata, integritas, dan keberanian membawa perubahan sosial yang bermakna.

Keywords

Mission-driven, sosial entrepreneur, fenomenologis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.