Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Penyesuaian Diri Siswa SMP

Paula Rosalina Nanga, Maria Erlinda, Gracianus Edwin T.P Lejap

Abstract

Penyesuaian diri merupakan kemampuan penting bagi remaja dalam menghadapi perubahan fisik, emosional, dan sosial selama masa sekolah. Namun, hasil observasi di UPTD SMP Negeri 10 Kupang menunjukkan bahwa sebagian siswa masih mengalami kesulitan beradaptasi dengan lingkungan sekolah, seperti merasa terisolasi, mudah marah, dan kurang fokus dalam belajar. Kondisi ini mengindikasikan bahwa kecerdasan emosional, yang berperan penting dalam membantu remaja mengelola emosi dan menyesuaikan diri, belum berkembang secara optimal pada sebagian siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional mempengaruhi penyesuaian diri siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 10 Kupang Tahun Pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. populasi penelitian yaitu 332 siswa. Sampel penelitian sebanyak 85 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa angket kecerdasan emosional dan angket penyesuaian diri. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dan diolah menggunakan bantuan aplikasi SSPS for windows versi 26. Hasil analisis data penelitian menunjukkan t_(hitung  ) sebesar 8,088 lebih besar dari t_tabel sebesar 1,989, serta nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, selain itu, nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,441 menunjukan  sebesar 44,1% penyesuaian diri dipengaruhi oleh kecerdasan emosional, sementara 55,9% dipengaruhi oleh fakor lain di luar penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap penyesuaian diri siswa.

Keywords

Penyesuaian diri, Kecerdasan emosional, Siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.