Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe STAD Berbantu Media Smart Box

Novi Hapsari, Reni Untarti

Abstract

Minimnya kemampuan siswa dalam mengutarakan pemahaman matematika secara tertulis menjadi landasan penelitian ini.  Anggapan matematika sebagai mata pelajaran yang sulit, banyaknya hafalan rumus, dan soal latihan yang banyak menjadi penyebab utama rendahnya minat belajar siswa.  Untuk mengatasi kendala tersebut, penelitian ini menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dengan bantuan media "Smart Box"  yanag bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam bentuk tulisan.  Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini mengadopsi model spiral Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan penarikan kesimpulan.  Penelitian melibatkan 21 siswa kelas VA SD Negeri 2 Purwokerto Lor, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan.  Data dikumpulkan melalui observasi, tes tertulis (evaluasi), dan dokumentasi.  Hasil penelitian memperlihatkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa.  Hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar di setiap siklus.  Sebelum siklus, rata-rata nilai hanya 63 (52,3%), meningkat menjadi 70,33 (61,90%) pada siklus I, 75,62 (76,19%) pada siklus II, dan mencapai 80,86 (90,47%) pada siklus III.  Lebih lanjut, penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dengan media "Smart Box" terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar dan kerjasama antar siswa dalam kelompok.  Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran cooperative learning tipe STAD berbantuan media "Smart Box" merupakan alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Keywords

Kemampuan Komunikasi Matematis, Cooperative Learning Tipe STAD, Media “Smart Box”

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.