Penerapan Media PADUDI dengan Strategi Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Soal Cerita Penyajian Data Kelas 3

Chaerul Hidayah, Lukmanul Akhsani

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah adalah kompetensi penting dalam pembelajaran matematika, terutama dalam mengerjakan soal cerita yang menuntut peserta didik berpikir sistematis dan kritis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas III SD pada materi penyajian data melalui penerapan media PADUDI (Papan Dadu Diagram) yang dipadukan dengan strategi Polya. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam memecahan masalah meningkat, dari rata-rata 78,2 pada siklus pertama menjadi 91,6 pada siklus kedua. Selain itu, peningkatan juga terjadi pada aktivitas peserta didik selama pembelajaran, ditunjukkan oleh keterlibatan aktif dalam diskusi dan pemanfaatan media pembelajaran secara mandiri. Dengan demikian, Penerapan Media PADUDI dengan Strategi Polya terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi penyajian data.

Keywords

pemecahan masalah; strategi Polya; media PADUDI; penyajian data

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.