Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam Sosial)
Abstract
Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) sebagai mata pelajaran integratif menuntut strategi pembelajaran aktif, salah satunya melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PBL dalam pembelajaran IPAS dan efektifitas dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPAS kelas III materi “Tradisi di Indonesia”. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SDN 1 Sokanegara pada semester II tahun ajaran 2024/2025 dengan subjek 32 siswa, penelitian dilakukan dalam tiga siklus, masing-masing meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, yang dilakukan berulang hingga tujuan tercapai. Data dikumpulkan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari pra-siklus 70 menjadi 74 pada siklus I, 76 pada siklus II, dan 79 pada siklus III, dengan persentase ketuntasan belajar yang naik dari 38% menjadi 88%. Selain peningkatan hasil akademik, terlihat pula perkembangan partisipasi siswa, keterampilan kolaboratif, dan kemampuan berpikir kritis. Dengan demikian, penerapan PBL terbukti efektif meningkatkan hasil belajar IPAS sekaligus relevan sebagai pendekatan kontekstual dalam pembelajaran di sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.