Permasalahan Konseptual dan Kontekstual dalam Pembelajaran Bangun Datar di Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur
Abstract
Pembelajaran bangun datar di sekolah dasar memiliki peran penting dalam membangun dasar pemahaman geometri dan kemampuan berpikir spasial siswa. Namun, dalam praktiknya masih ditemukan berbagai permasalahan baik secara konseptual maupun kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai permasalahan dalam pembelajaran bangun datar serta menggali pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas pengajaran bangun datar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur yang dianalisis secara tematik melalui sintesis berbagai sumber ilmiah dari database bereputasi dalam rentang tahun 2021-2024. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran yang masih berpusat pada guru, minimnya penggunaan media konkret dan interaktif, serta kurangnya integrasi konteks kehidupan sehari-hari menjadi faktor utama yang menghambat pemahaman siswa. Sebagai solusi, beberapa strategi yang direkomendasikan antara lain penggunaan media manipulatif dan digital interaktif, penerapan model pembelajaran kontekstual dan berbasis proyek, serta penguatan pelatihan guru dalam merancang pembelajaran geometri yang bermakna dan sesuai tahap perkembangan kognitif siswa. Simpulan dari kajian ini menegaskan pentingnya pembelajaran yang bersifat aktif, kontekstual, dan berbasis pengalaman nyata untuk meningkatkan pemahaman konseptual siswa terhadap bangun datar di sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.