Pendampingan Penerapan Literasi Matematika dengan Konteks Budaya Tabut pada Pembelajaran Konsep Geometri dan Pengukuran
Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi matematika siswa melalui pendekatan berbasis budaya lokal, dengan fokus pada konten budaya Tabut dalam pembelajaran geometri dan pengukuran. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan bagi guru di SDN 88 Kota Bengkulu melalui seminar, persiapan perangkat pembelajaran, pendampingan praktik kelas, dan evaluasi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa dan keterampilan guru, dari rata-rata nilai pretest siswa 50,25 menjadi posttest 92,25, serta nilai guru meningkat dari 70,00 menjadi 95,00. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi budaya dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep yang diajarkan serta relevansi pendidikan. Dengan demikian, pendekatan ini dapat menjadi alternatif efektif dalam pendidikan matematika yang kontekstual.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.