Analisis Resiliensi Akademik Siswa Fatherless Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar
Abstract
The research was conducted because of the high number of cases of children experiencing the absence of a father figure, both physically and psychologically, especially in Indonesia. This study aims to analyze the academic resilience experiences of fatherless students in the upper grades of elementary school. The method used is a qualitative case study with the subjects being fatherless students, 5th and 6th-grade teachers, and student parents. Data was collected through semi-structured interviews and documentation. The research results indicate that students exhibit differences in building their academic resilience through perseverance, openness to seeking help, and varying ways of managing negative emotions. The main supporting factors are the roles of mothers, teachers, and a supportive social environment. This research is expected to serve as a reference for educators and parents in supporting fatherless students.
Penelitian dilakukan karena banyaknya kasus anak yang mengalami ketiadaan peran ayah secara fisik maupun psikologis terutama di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengalaman resiliensi akademik siswa fatherless di kelas tinggi sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah studi kasus kualitatif dengan subjek siswa fatherless, guru kelas V dan VI, serta orang tua siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menunjukkan adanya perbedaan dalam membangun resiliensi akademiknya melalui sikap pantang menyerah, keterbukaan mencari bantuan, dan cara yang berbeda dalam mengelola emosi negatif. Faktor pendukung utama adalah peran ibu, guru, dan lingkungan sosial yang suportif. Penelitian ini diharapkan menjadi rujukan bagi pendidik dan orang tua dalam mendukung siswa fatherless.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cahyani, A., Mandang, J. H., & Kaumbur, G. E. (2023). Subjective Well-Being Wanita Dewasa Awal Yang Mengalami Fatherless Di Manado. Psikopedia, 4(4), 207–212. https://doi.org/10.53682/pj.v4i4.7598
Cassidy, S. (2016). The Academic Resilience Scale (ARS-30): A new multidimensional construct measure. Frontiers in Psychology, 7(NOV), 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.01787
Creswell, J. W. (2009). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications Ltd. 1. https://doi.org/10.25077/jfu.3.4.205-213.2014
Fajrin, N. P., & Purwastuti, L. A. (2022). Keterlibatan Orang tua dalam Pengasuhan Anak pada Dual Earner Family: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2725–2734. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1044
Fitri, M. N., Aprinita, C., Aulya, C., Ardita, M. R., Febri Aulia, T., Amelia, W., Hayumi, Z. D., Pazila, N., Prastiwi, V., Hadid, A., & Maharani, R. (2024). Peran Ayah Dalam Perkembangan Emosional Anak. JURNAL PSIKOLOGI Revolusioner, 8(12), 2024.
Hariyasasti, Y., Kristanti, E. Y., Setyawati, L., & Widayati, N. S. (2025). Dampak Fatherless terhadap Perkembangan Emosional dan Psikologis Anak Dampak Fatherless terhadap Perkembangan Emosional dan Psikologis Anak Usia Dini Dosen Magister Pendidikan Dasar , Universitas Muria Kudus. July. https://doi.org/10.31004/joecy.v5i2.1660
Munjiat, S. M. (2017). Pengaruh Fatherless Terhadap Karakter Anak Dalam Prespektif Islam. Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 108–116. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v2i1.2031
Nashori, F., & Saputro, I. (2021). Psikologi Resiliensi. In Universitas Islam Indonesia (Issue 1). https://www.researchgate.net/publication/351283333_Psikologi_Resiliensi
Noviantie, A. (2024). Characters Identifications Of Children Who Grow Up Without Father’s Role. Universitas Pendidikan Indonesia, April. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.28616.33287
Pratomo, C., Tri Herlambang, Y., Peran, P., Dalam, K., Karakter, P., Pedagogik, J., Dasar, P., Pratomo, I. C., Herlambang, Y. T., & Artikel, S. (2021). Pentingnya Peran Keluarga Dalam Pendidikan Karakter. Juni, 8(1), 7–15.
Putri, R., Fajar, A. L., Deti Rostika, R., & Herlambang, Y. T. (2024). Pengaruh Fatherless Terhadap Academic Resilience Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 8(2), 79–91. http://jurnal.uinsyahada.ac.id/index.php/JurnalGender/indexDOI:http://dx.doi.org/10.24952/gender.v8i2.12615%0Ahttp://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
Rojas F., L. F. (2015). Factors Affecting Academic Resilience in Middle School Students: A Case Study. GiST Education and Learning Research Journal, 11(11), 63–78. https://doi.org/10.26817/16925777.286
Rosyidah, N., Rahayuningsih, I., & Hasanah, M. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Ayah Dan Ibu Terhadap Motivasi Belajar Anak Yang Menjalani Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Di Tengah Masa Pandemi Covid-19. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 16(2), 128. https://doi.org/10.30587/psikosains.v16i2.4577
Soedarmo, R. L. (2024). PANDANGAN AYAH TERHADAP KETERLIBATANNYA DALAM PENGASUHAN ANAK (Penelitian Studi Kasus Ayah di Kelurahan Ciroyom Tahun 2023-2024). Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 21(1), 165–173. https://doi.org/10.17509/edukids.v21i1.68359
Sukmaningpraja, A., & Santhoso, F. H. (2018). Peran Regulasi Emosi terhadap Resiliensi pada Siswa Sekolah Berasrama Berbasis Semi Militer. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 2(3), 184. https://doi.org/10.22146/gamajop.36944
Utarini, A. (2023). Resiliensi pada Anak Fatherless karena Dampak Covid-19 di Sanggar Bhineka Kabupaten Sukoharjo. Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah : Surakarta, 1–75.
Refbacks
- There are currently no refbacks.