Studi Literatur: Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis IPAS Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Along with the development of the era and the demands of the 21st century, student competencies must be developed, especially in 4C skills. This study comprehensively aims to analyze in depth the implementation of the guided inquiry learning model in the context of science learning in Elementary Schools and identify its effectiveness in improving students' critical thinking skills. This study adopts a qualitative approach with the PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic reviews and Meta-Analyses) framework to ensure transparency and reproducibility of findings. Data collection was carried out through searching various sources, including scientific journal articles, relevant literature, and other publications. The results of this study state that the guided inquiry model has a significant contribution to improving the critical thinking skills of elementary school students in science. This is because it allows students to process and analyze information, thus producing something new to existing concepts. Therefore, the application of the guided inquiry learning model in the context of science learning is an important step in improving the critical thinking skills of elementary school students.
Seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan abad ke-21, kompetensi siswa harus dikembangkan khususnya pada keterampilan 4C. Penelitian ini secara komprehensif bertujuan untuk menganalisis secara mendalam implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam konteks pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar dan mengidentifikasi efektivitasnya dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan kerangka kerja PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic reviews and Meta-Analyses) untuk memastikan transparasi dan reproduksibilitas temuan. Pengumpulan data dilakukan melalui penelusuran berbagai sumber, termasuk artikel jurnal ilmiah, literatur yang relevan, dan publikasi lainnya. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa model ikuiri terbimbing memiliki kontribusi signifikan dalam peningkatan keterampilan berpikir kritis IPAS siswa Sekolah Dasar. Hal ini dikarenakan memungkinkan siswa untuk mengolah dan menganalisis informasi, sehingga menghasilkan sesuatu yang baru terhadap konsep yang ada. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam konteks pembelajaran IPAS menjadi langkah penting dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afiyah, A. N., & Zulkarnaen, Z. (2025). Penerapan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kolaborasi Siswa pada Pembelajaran IPAS SD. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 5(2), 306-316.
Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. J. Pijar MIPA, 13(2), 94-99.
Aminah, S., Susiani, T. S., & Suryandari, K. C. (2017). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multimedia dalam Pembelajaran IPA tentang Energi pada Siswa Kelas III SD. Kalam Cendekia, 5(3), 261-265.
Ardiatama, G. I., Wahyudi, & Suhartono. (2024). Implementasi Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPAS tentang Aku dan Kebutuhanku pada Siswa Kelas IV SDN 1 Adikarso. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(3), 1522-1532.
Azizah, L. N., & Rosdiana, L. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau dari Gender pada Materi Pencemaran Lingkungan. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 10(1), 161-166.
Cahyaningsih Mf, L., & Fauziah, A, N, M. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 9(2), 280-286.
Handayanti, E., Agustini, F., & Huda, C. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Pandeanlamper 05 Semarang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(04), 129-140.
Hardianty, S., Sari, P., & Sulastri. (2024). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri pada Kelas IV SD Telkom Makassar. CJPE: Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 506-517.
Ilham, Pujiarti, T., Ramadhan, S., & Wulan. (2024). Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran IPAS di SDN 27 Dompu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(8), 919-929.
Khoeriyah, R., febriyani, S., &Riyadi, M. I. R. (2020). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Perubahan Sifat Benda Kelas V SD Negeri Babakan 02 Karangpucung. SHEs: Conference Series, 3(4), 1625-1633.
Lestari, F. Y. P., Ansori, Y. Z., & Nahdi, D. S. 92019). Model Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis IPS Siswa SD. Proceeding Seminar Nasional Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal pada Era Revolusi Industri 4.0., hlm. 509-516. FKIP Universitas Majalengka.
Nurhayati, A. I., Jayadinata, A. K., & Sujana A. (2017). Penerapan Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V pada Materi Daur Air. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 1061-1070.
Purwanto, P., & Tjahjono, T. (2021). Pendidikan Bahasa dan Sastra sebagai Pengarakteran. KAIROS: Jurnal Ilmiah, 1(2), 46-77.
Rohayati, M., Prastowo, S. B., & Suparti. (2023). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD dalam Pembelajaran IPA Menggunakan E-LKPD dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Jurnal Paedagagy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Teknologi, 10(4), 1079-1087.
Salama, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 18 Barru. Jurnal Banua Oge Tadulako, 2(1), 8-12.
Sasmita, F. E., Kusuma, R. S., & Sunanto. (2023). Pengenbangan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD Melalui Model Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran IPA. JUPE2, 1(2), 238-251.
Zahroh, D. A., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan e-LKPD berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605-616.
Refbacks
- There are currently no refbacks.