Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Kalimat Matematika dan Perhitungan
Abstract
This mixed-methods (quantitative and qualitative) study aims to gain in-depth insight into the learning difficulties faced by fourth-grade students in mathematical sentences and calculations at SD Negeri 3 Kutasari. The subjects were 20 fourth-grade students at SD Negeri 3 Kutasari. Data collection techniques included essay tests, observations, and interviews. Data analysis employed descriptive statistical analysis and qualitative data description. Data were obtained through interviews with five low-skilled students to describe the students' difficulties faced in mathematical sentences and calculations. The study found that students made 23.47% errors in reading and understanding questions, 20.40% errors in transformation, 21.43% errors in calculation, 12.24% errors in process skills, and 22.44% errors in conclusions. Based on these findings, it can be concluded that students experience learning difficulties in mathematical sentences and calculations. The results of this study can be used as information for teachers in addressing mathematics learning difficulties in the core material of mathematical sentences and calculations. They can also be used as a basis for research on mathematics learning difficulties in different mathematical materials.
Penelitian ini adalah penelitian mixed methods (kuantitatif dan kualitatif) yang bertujuan untuk mengetahui secara mendalam mengenai kesulitan belajar peserta didik pada materi pokok kalimat matematika dan perhitungan di kelas IV SD Negeri 3 Kutasari. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Kutasari yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa soal tes uraian, observasi dan wawancara peserta didik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan deskripsi data kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara kepada 5 orang peseta didik dengan kategori rendah untuk mendekripsikan kesulitan peserta didik pada materi pokok kalimat matematika dan perhitungan. Hasil penelitian ini ditemukan kesalahan peserta didik dalam membaca dan mamahami soal (23,47%), kesalahan transformasi (20,40%), kesalahan perhitungan (21,43%), kesalahan keterampilan proses (12,24%) serta kesalahan kesimpulan (22,44%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat kesulitan belajar peserta didik pada materi pokok kalimat matematika dan perhitungan. Hasil peneltian ini dapat digunakan sebagai bahan informasi bagi guru dalam menangani kesulitan belajar matematika materi pokok kalimat matematika dan perhitungan, juga dapat digunakan sebagai dasar penelitian kesulitan belajar matematika pada materi matematika yang berbeda.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4173-4181.
Ardiyanti, S.A, & Farihah.U. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Teorema Phythagoras Ditinjau dari Pemecahan Masalah Polya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 389-398.
Dwi, D. F., & Audina, R. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 94-106.
Miles Huberman. (2014) Qualitative Data Analysis. Los Angeles ; SAGE Publication Ltd
Nisa H, Suyadi. (2020). Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Anak Usia Sekolah Dasar Dengan Pendekatan Psikologis Kognitif: Metodik Didaktif, Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Prodi PGSD UPI Kampus Purwakarta. Vol 16, Nomor 1
Reskina, R., & Kartini, K. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmetika Sosial Berdasarkan Teori Newman. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(03), 238-248
Rahmawati, Zuliani, R., Rini, C.P. (2021) Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SDN Kawaraci 11. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Volume 3 Nomor 3 November 2021, 478-488
Saputri, R. A. (2020). Analisis Interpretasi Bahasa Matematika Siswa Kelas V SDN Malinau (Loksado, Kal-Sel). THETA: Jurnalndidikan Matematika, 2(1), 20-26.
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS mata pelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257-269.
Saja’ah, U. F. (2018). Analisis kesulitan siswa kelas IV Sekolah Dasar dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 98-104.
Siregar, R. S., Saputro, A. N. C., Saftari, M., Panggabean, N. H., Simarmata, J., Kholifah, N., & Harianja, J. K. (2022). Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Sudiono, E. (2017). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan garis lurus berasarkan analisis newman. UNION: Jurnal Pendidikan Matematik, 5(3), 295-301.
Utari ,D.R, Wardana M.Y.S, Damayanti, A.T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita, diakses dari Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Volume 3 Nomor 4
Utami, F.N. (2020). Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di SD. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1 Halm 93-101
Zahrotin, S., Badarudin, B., & Eka, K. I. (2020). Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Literasi, Matematis. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 131-140.
Refbacks
- There are currently no refbacks.