Membangun Karakter Sehat Melalui 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat
Abstract
Character education is a very important element in building a healthy, intelligent, and noble golden generation of Indonesia towards the vision of Indonesia 2045. This study aims to analyze the concept of character building for children through the implementation of the 7 Habits of Great Indonesian Children Movement, which includes the habit of waking up early, praying, exercising, eating healthy and nutritious food, loving to learn, being in society, and going to bed early. This study uses a literature study approach by analyzing literature from academic journals, books, scientific articles, and research reports. The results of this study are that these positive habits not only support children's physical and mental development (having self-confidence, being able to establish positive social relationships, the ability to manage emotions, age-appropriate psychomotor development, and the ability to overcome problems, enjoying free time) but also instill moral values, spirituality, discipline, responsibility, and empathy, which are relevant to Islamic teachings and global needs. Strategies such as integrating character education into the curriculum, involving parents and the community.
Pendidikan karakter merupakan elemen yang sangat penting dalam membangun generasi emas Indonesia yang sehat, cerdas, dan berakhlak mulia menuju visi Indonesia 2045. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep pembangunan karakter anak melalui implementasi Gerakan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat, yang meliputi kebiasaan bangun pagi, beribadah, berolahraga, makan sehat dan bergizi, gemar belajar, bermasyarakat, serta tidur cepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka dengan menganalisis literatur dari jurnal akademik, buku, artikel ilmiah, serta laporan penelitian. Hasil penelitian ini bahwa kebiasaan positif ini tidak hanya mendukung perkembangan fisik dan mental anak (memiliki rasa percaya diri, mampu menjalin hubungan sosial yang positif, kemampuan mengelola emosi, perkembangan psikomotorik yang sesuai usia, serta kemampuan mengatasi masalah, menikmati waktu luang) tetapi juga menanamkan nilai-nilai moral, spiritual, disiplin, tanggung jawab, dan empati, yang relevan dengan ajaran Islam dan kebutuhan global. Strategi seperti integrasi pendidikan karakter dalam kurikulum, pelibatan orang tua dan komunitas. Penelitian ini merekomendasikan penerapan program pembiasaan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat secara konsisten di lingkungan sekolah dan keluarga untuk membentuk karakter sehat anak sejak usia dini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
(t.thn.). Diambil kembali dari https://en.wikipedia.org/wiki/Nutrition_education?utm_source=chatgpt.com
Baharuddin & Wahyuni, E. N. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.
Covey, S. (2019). The 7 Habits of Highly Effective People. Guided Journalo.
cresswell, J. w. (2008). Educational Research, Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New Jersey USA: Pearson Education Inc.
Damanik, E. D. (2024). Pengaruh kebiasaan bangun pagi terhadap kesehatan mental mahasiswa di Indonesia. Researchgate.Net.
DR. dr. Dida A Gurnida, S. A. (2011). Revolusi Kecerdasan Nutrisi Bagi Perkembangan Otak. Bandung : Pustaka Universitas Padjajaran.
Hasanah, I. (2025). Penguatan Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Membentuk 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat. Journal of Human And Education, 602.
Jamaludin, J. M. (2020). Konsep Ibadah Dzikir & Doa Terbaik. Dalam Konsep Ibadah Dzikir & Doa Terbaik. Yogyakarta: Kalimedia.
Karina Nur Safitri, S. I. (2025). Pembelajaran Penjasokes di Sekolah dasar : Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Tubuh. Sinar Dunia : Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 44-56.
Kendra Cherry, M. (2024, July Friday). What Is Sociocultural Theory? Diambil kembali dari https://www.verywellmind.com/what-is-sociocultural-theory-2795088?utm_source=chatgpt.com
Makhsyari, M. A. (2018). Penerapan Hidup Bersih dan Sehat dalam Menanamkan Nilai Karakter Siswa. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 99.
Nur, M. (2025). Penguatan Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Membentuk 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat. Journal of Human And Education, 602.
Sinulingga, N. N. (2025). Membangun Karakter Sehat Dan Berakhlak Mulia Melalui 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat. JURNAL TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam, 110-111.
Siswanto, A. (2021). Implementation of Religious Education in Character Values in Early Childhood Education Institutions. EDUKASI Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan.
Walker, M. (2017). Why We Sleep : Unlocking the Power of Sleep and Dreams. Simon and Schuster.
Wiramiharja, Y. (2017, September Friday). Yudi Wiramiharja. Diambil kembali dari Yudi Wiramiharja: https://www.kompasiana.com/yudiwiramiharja/59bb47609a78f15ab738c222/pentingnya-pendidikan-karakter-di-sekolah
Refbacks
- There are currently no refbacks.