Pemanfaatan Instrumen Portofolio pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Alat Ukur Kecerdasan Majemuk Siswa Kelas VII

Siti Rohmatun, Liana Rochmatul Wachidah

Abstract

Evaluation of learning plays a crucial role in education, serving to examine and enhance the quality of teaching and learning activities. This research aims to develop a portfolio assessment tool that demonstrates high validity, usability, and effectiveness in assessing the descriptive writing skills of seventh-grade students at SMP Plus Al-Ibrohimy. Additionally, the instrument is designed to reflect multiple intelligences, with a particular focus on linguistic intelligence. Employing a qualitative descriptive methodology, the data were collected through observations and interviews. Findings from a study involving 21 seventh-grade student show that portofolio assessment offers a thorough insigh into students’ writing skills. From this group, a purposive sampling technique selected 8 students to represent varying proficiency levels-high, moderate, and low. The portofolio tool effectively encompasses elements such as vocabulary choice, sentence contruction, stylistic features, and the depth of descriptive content. In addition to evaluating the final outcomes, it also serves as an effective means to monitoring the learning process and track students’ progress over time.  Consequently, the portfolio functions both as an evaluative instrument and as a learning aid that supports the enhancement of students’ writing capabilities.

Evaluasi pembelajaran merupakan unsur penting dalam dunia pendidikan yang berfungsi untuk mengkaji serta meningkatkan mutu proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk merancang instrumen penilaian portofolio yang memiliki tingkat validitas, kepraktisan, dan efektivitas tinggi dalam mengukur kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII di SMP Plus Al-Ibrohimy. Instrumen tersebut juga diharapkan mampu merefleksikan kecerdasan majemuk, khususnya kecerdasan linguistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan tahapan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil studi dengan populasi sebanyak 21 siswa kelas VII menunjukkan bahwa penilaian portofolio dapat memberikan gambaran menyeluruh terhadap kemampuan menulis siswa. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling sebanyak 8 siswa yang mewakili Tingkat kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Instrument portofolio ini mampu mencakup aspek diksi, struktur kalimat, gaya penulisan, serta kedalaman deskripsi. Selain menilai hasil akhir, instrumen ini juga efektif untuk memantau proses belajar dan perkembangan siswa secara berkesinambungan. Dengan demikian, portofolio berperan ganda sebagai alat evaluasi dan sarana pembelajaran yang mendorong peningkatan kualitas kemampuan menulis. Guru dianjurkan untuk menerapkan penilaian portofolio secara berkelanjutan dan memperluas pengembangan instrument sejenis guna menunjang keterampilan berbahasa lainnya.

Keywords

instrumen penilaian portofolio, kecerdasan majemuk, pembelajaran bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References

Achmad, G. H. et.al. (2022). Penilaian Autentik Pada Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar, EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 4 No. 4, 5685.

Ahmad, S. et.al. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas Vll.1 MTS Negeri 2 Kaur, Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, Vol. 3, No. 1, 47.

Akbar, A. et.al, (2024), Penerapan Evaluasi Portofolio dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 6 Sukadana, Journal of Education Research, Vol. 5, No. 4, 5570.

Ansya, Y.A. et.al, (2024). Peran Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar, Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, Vol. 6 No. 2, 181.

Ardiana, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 3, No. 1, Juli, 3.

Ariyana, Merdeka Belajar Melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi, Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, Vol. 3, No. 2, 359-360.

Ariyati, T. & Muryaningsih, S. Penerapan Media Big Book Dalam Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Bagi Siswa Paud Aisyiyah Di Cabang Aisyiyah Rawalo, Seminar Nasional LPPM – Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 284.

Busnawir. (2025). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, & Aplikasi), (Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia), 5-6.

Destiana, D. et.al. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Produktif di Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), Vol. 3 No. 2 (September), 120.

Khoerunnisa, E. et.al. (2019). Super Complete SMP/MTS 7,8,9 Rangkuman Inti Materi, (Cilodong: Sahabat Pelajar Cerdas).

Kuntarto, E. & Gustina, R. (2019), Pelaksanaan Penilaian Portofolio Di Sekolah Dasar, Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, Vol.4 No. 2, 192.

Maemonah, D.T.D. (2022). Analisis bahan ajar kurikulum 2013 berbasis kecerdasan majemuk Tema 8 kelas III sekolah dasar, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 9, No. 1, Januari, 16-17.

Marzuki, I. (2023), Urgensi Penilaian Portofolio Dalam Evaluasi Pembelajaran Di Era Society 5.0, Tadarus Tarbawy. Vol. 5 No. 2, 176.

Masganti, Optimalisasi Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini Dengan Permainan Tradisional, (Jakarta: kencana, 2021), hlm. 40.

Maulani, G. et.al. (2023). Evaluasi Pembelajaran, (Serang: PT. Sada Kurnia Pustaka), 122.

Maulina, I. Hazilina, (2022). Implementasi Penilaian Portofolio di Taman Kanak-kanak Era Pandemi COVID-19, Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 6 No. 4 (2022), 3352.

Mustajab, M., Baharun, H., & Iltiqoiyah, L. (2020). Manajemen Pembelajaran melalui Pendekatan BCCT dalam Meningkatkan Multiple intelligences Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1368–1381.

Nila Martha Yehonala Situmorang, N.M.Y. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa melalui Teknik Guiding Questions, Journal of Education Action Research, Vol. 2, No. 2, 166.

Panggabean, S. et.al. (2024). Penguatan Kecerdasan Linguistik Forensik Bhabinkamtibmas dalam Mencegah Defamasi Bahsa dengan Muatan Dugaan Intoleransi Kebhinekaan, Jurnal Pengabdian Masyrakat As-salam (JPMA), Vol. 4 No. 2 (Juli-Desember) 2024, 49.

Rasyid, R. et.al. (2021). Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengembangkan Indikator Pembelajaran Kurikulum 2013 SDN 210 Bottopenno, Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, Vol.5, No.2, September, 189.

Reviva Safitri, R. e.al. (2024). Evaluasi Pembelajaran, (Pekalongan: PT Nasya Expanding Management), 67-68.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif, Jurnal Alhadharah, Vol. 17 No. 33 (Januari-Juni), 83.

Rohman, S. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Berbasis Taksonomi Bloom, Jurnal Al-Ibrah, Vol. 8 No. 30 (Juni), 87.

Setiawati, A.F. et.al, (2021), Analisis Gaya Bahasa Dalam Lirik Lagu “Bertaut” Nadin Amizah: Kajian Stilistika, Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 26, No. 1, April, 27.

Soulisa, I. et.al. (2022). Evaluasi Pembelajaran, (Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung), 222-236.

Suarc, K. (2005). Kecerdasan Majemuk Pada Anak, Sari Pediatri, Vol. 7, No. 2, September, 85-92.

Suharsiwi et.al. (2024). Pengembangan Instrumen Anak Usia Dini, (Pasaman Barat: CV. Azka Pustaka), 15-16.

Syahrania, B. Sukenti, D. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Portofolio Materi Menulis Teks Eksplanasi, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Sastra, Bahasa, dan Pendidikan, Vol. 2 No. 3 (Oktober), 80.

Tabun, Y.F. et.al. (2021). Teori Pembelajaran, (Pidie Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini), 179-180.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.