Inovasi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Sekolah Dasar

Sheiyla Anggraeni Indayana, Dewi Indrapangastuti

Abstract

This literature review purpose to evaluate the effectiveness of Augmented Reality (AR)-based learning media in improving learning outcomes in Natural and Social Sciences (IPAS) in elementary schools. The problem raised is students' difficulties in understanding abstract concepts due to the minimal use of visual and interactive media. A total of 16 articles from nationally and internationally accredited journals published between 2020 and 2025 were analyzed using content analysis techniques. The results of the study indicate that AR media is consistently able to improve conceptual understanding, learning motivation, and student learning outcomes. This media is also in line with the characteristics of 21st-century learning that emphasizes the integration of digital technology. This study concludes that AR is a promising learning medium to support meaningful and engaging IPAS learning at the elementary school level. This study also recommends further development of AR-based learning models that are contextualized to the characteristics of elementary school students and the national curriculum.

Kajian literatur ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di sekolah dasar. Permasalahan yang diangkat adalah kesulitan siswa dalam memahami konsep-konsep abstrak akibat minimnya penggunaan media visual dan interaktif. Sebanyak 16 artikel jurnal terakreditasi nasional dan internasional yang terbit antara tahun 2020–2025 dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Hasil kajian menunjukkan bahwa media AR secara konsisten mampu meningkatkan pemahaman konsep, motivasi belajar, dan hasil belajar siswa. Media ini juga sejalan dengan karakter pembelajaran abad ke-21 yang menekankan integrasi teknologi digital. Kajian ini menyimpulkan bahwa AR merupakan media pembelajaran yang menjanjikan untuk mendukung pembelajaran IPAS yang bermakna dan menarik di tingkat sekolah dasar. Kajian ini juga merekomendasikan pengembangan lebih lanjut terhadap model pembelajaran berbasis AR yang kontekstual dengan karakteristik siswa sekolah dasar dan kurikulum nasional.

Keywords

Augmented Reality, Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References

Amalia, R., & Prasetyo, T. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI INOVASI PENDIDIKAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0: KAJIAN LITERATUR SISTEMATIK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 5(2), 1375-1384.

Anggriani, N. D. (2025). Penerapan Media Augmented Reality Berbantuan Aplikasi Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(2), 719-723.

Alimuddin, A., Justin, N. S. J., Jusnita, R. A. E. J., Murniawaty, I., & Wono, H. Y. (2023). Teknologi Dalam Pendidikan: Membantu Siswa Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0. Journal on Education, 5(4), 11777–11790. https://doi.org/https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2135

Cahyono, E. A., Sutomo, & Harsono, A. (2019). Literatur Review: Panduan Penulisan dan Penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12.

Cuhanazriansyah, M. R., Cahyaningrum, Y., & Qolby, D. A. N. (2023). Implementasi Pembelajaran Teknologi Informasi Berbasis Augmented Reality di Sekolah Menengah Kejuruan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 8(1), 64–69. https://doi.org/10.29210/30032909000

Danti, D. R., Cahyono, B. E. H., & Tryanasari, D. (2023). Pengaruh Media Augmented Reality Pada Mata Pelajaran IPAS Terhadap Hasil Belajar Siswa. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 864-871.

Dewi, TN, Popiyanto, Y., & Yuliana, L. (2024). Pengaruh Media Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Riset Multidisipliner Inovasi Indonesia .

Fitri, U., Amini, R., & Zulkarnaini, A. P. (2025). THE USE OF AUGMENTED REALITY IN SCIENCE LEARNING TO IMPROVE MOTIVATION AND UNDERSTANDING OF SCIENCE CONCEPTS AMONG ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 5(1), 417-424.

Handayani, T., & Asih, S. S. (2024). Penerapan Media Augmented Reality Menggunakan Assemblr Edu untuk Meningkatkan Prestasi Akademik Bidang IPAS di Tingkat Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 33(2), 129-146

Istyasiwi, M. E., Aulianty, Y., & Sholeh, D. A. (2021). Pengembangan Media Digital Kartu Domino Rantai Makanan (Dorama) Pada Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 254 263. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1115

Jafar, M. I., Rahmi, S., & Veriska, V. (2024). Penggunaan Media Augmented Reality Berbantuan Assemblr Edu untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Global Science Education Jurnal, 6(1), 130-136.

Kholifah, A., Diah, A., Amira, D., & Wijayanti, MD Analisis Penggunaan Teknologi Pembelajaran Augmented Reality (AR) terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Dalam Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 6, No. 3).

Mansir, F. (2022). TANTANGAN DAN ANCAMAN ANAK INDONESIA: POTRET PENDIDIKAN NASIONAL ERA DIGITAL. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.26877/paudia.v11i1.9990

Musyaffa, I. F., & Isdaryanti, B. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Kebudayaan Indonesia (SI BUDI) Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 2507-2522.

Nisa, A. F., Anis, M. Y., & Sarasti, N. S. H. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 2 BEJIARUM. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 3182-3194.

Rahmatullah, B., & Kadarwati, I. (2023). Peningkatan Kompetensi TPACK Guru Melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara (JPMN), 3(2), 125–136. https://doi.org/10.35870/jpmn.v3i2.1856

Rahmawati, R., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(3), 4574-4581.

Ramli, Z. J., Sukitman, T., & Zainuddin, Z. (2025). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE 3D ASSEMBLR EDU PADA MATERI TATA SURYA MATA PELAJARAN IPAS KELAS 6 DI SDN BUNDER 2. Consilium: Education and Counseling Journal, 5(1), 699-709

Ripansyah, I., Astuti, I. F., & Widagdo, P. P. (2021). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Sistem Tata Surya Untuk Siswa SD Dengan Metode Marker Based Tracking. Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 16(2), 88-95.

Wahyudin, D., Subkhan, E., Malik, A., Hakim, M. A., Sudiapermana, E., LeliAlhapip, M., Nur Rofika Ayu Shinta Amalia, L. S., Ali, N. B. V., & Krisna, F. N. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Kemendikbud, 1–143.

Wibowo, V. R., Putri, K. E., & Mukmin, B. A. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi penggolongan hewan kelas V sekolah dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 58-69.

Yulianti, S. D., Arini, R. E., & Fildansyah, R. (2023). Merangkul Teknologi: Mengintegrasikan Realitas Virtual dalam Pengalaman Pembelajaran. Jurnal Pendidikan West Science, 1(06), 350–356. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i6.458

Zaid, M., Razak, F., & Alam, A. A. F. (2022). Keefektifan media pembelajaran augmented reality berbasis STEAM dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 2(2), 59-68.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.