Implementasi Pembiasaan Religius dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila ‘Beriman, Bertakwa, dan Berakhlak Mulia’ di SDN 1 Purbalingga Lor
Abstract
This study aims to describe the implementation of religious habits in realizing the Pancasila Student Profile in grade III of SDN 1 Purbalingga Lor, obstacles, and their solutions. These habits are important to implement because they are a way to realize the Pancasila Student Profile ‘Faithful, God-fearing, and of Noble Character’. This study uses a qualitative-descriptive approach with a case study method. The research subjects are third-grade students, classroom teachers, and the school principal. Data was collected through observation, interviews, and document analysis. Data was analyzed using the Miles & Huberman model through the steps of data collection, data reduction, data display, and data presentation. The results of the study indicate that the religious habits practiced at SDN 1 Purbalingga Lor are divided into routine and programmed habits. There are obstacles in the implementation of these practices, such as inadequate facilities and students who sometimes find it difficult to follow the practices. However, solutions such as monitoring and maximizing existing potential are always implemented to ensure that the practices can continue to run smoothly. It can be said that the implementation of religious habits can effectively realize the Profile of Pancasila Students who are Faithful, God-fearing, and of Noble Character, as evidenced by the attitudes and behaviors of students in the third grade.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembiasaan religius dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di kelas III SDN 1 Purbalingga Lor, hambatan yang dihadapi, dan solusinya. Pembiasaan ini penting dilaksanakan karena ini merupakan cara untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Beriman, Bertakwa, dan Berakhlak Mulia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III, guru kelas, dan kepala sekolah. Data diperoleh dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles & Huberman melalui langkah pengumpulan data, reduksi data, displai data, dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pembiasaan religius yang dilaksanakan di SDN 1 Purbalingga lor dibagi pembiasaan rutin dan terprogram. Terdapat hambatan dalam pelaksanaan pembiasaan berupa fasilitas yang belum memadahi dan dari peserta didik yang kadang sulit mengikuti pembiasaan. Meski demikian, solusi seperti adanya monitoring dan memaksimalkan potensi yang ada selalu dilakukan agar pembiasaan bisa terus berjalan dengan baik. Dapat dikatakan, pelaksanaan pembiasaan religius dapat mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Beriman, Bertakwa, dan Berakhlak Mulia dengan baik dapat dilihat dari sikap dan perilaku peserta didik di kelas III.
Keywords
Full Text:
XMLReferences
Annisak, B. (2025). Analisis Hambatan Psikologis Siswa dalam Pembiasaan Membaca Asmaul Husna sebagai Upaya Pembentukan Karakter Religius di SDN. 3(1), 159–165.
Arif, K. M. (2021). Concept and Implementation of Religious Moderation in Indonesia. Al-Risalah, 12(1), 90–106. https://doi.org/10.34005/alrisalah.v12i1.1212
Aulia, L. R. (2016). Implementasi Nilai Religius Dalam Pendidikan Karakter Bagi Peserta Didik Di Sekolah Dasar Juara Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 5(1), 314–323. www.regional.kompas.com
Dewi, A. (2019). STRATEGI GURU PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MTSN 8 KEDIRI (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Dewi Nurhasanah Nasution. (2023). Implementasi Pendidikan Kewarnegaraan Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pembiasaan Untuk Menumbuhkan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 199–205. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i2.777
Firda Amalia, N., Maulana Rizqi, A., & Purwati, P. (2024). Analisis Hambatan Penerapan Metode Pembiasaan dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 24–36. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.722
Ghazali, D. M. (2023). Dhani Muhammad Ghazali, “Pengaruh Motivasi Menghafal Pengaruh Motivasi Menghafal Alqur’an Terhadap Hafalan Al-Qur’an Siswa Jurusan Sains Tahfidz Di Man 2 Kudus. 16–17.
Goreta, Patampang, C., & Leppang, J. (2021). Religiusitas sebagai Bagian dari Pendidikan Karakter Peserta Didik. Research and Development Journal of Education, 7(1), 553–557.
Halimatussakdiah. (2018). Sikap Keteladanan Guru Dalam Meningkatkan Kepribadian Siswa Di Mis Madinatussalam Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang.
Hardiansyah, F., Budiyono, F., & Wahdian, A. (2021). Penerapan Nilai-nilai Ketuhanan Melalui Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6318–6329. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1762
Ilmi, H. N., & Siregar, M. F. Z. (2024). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak di Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i3.642
Inanna, I. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 27. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5057
Lubis, H., Rosyida, A. H., & Solikhatin, N. H. (2019). Pola Asuh Efektif Di Era Digital. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 1(2). https://doi.org/10.30872/plakat.v1i2.2967
Muhtar, T., Supriyadi, T., Lengkana, A. S., & Hanifah, S. (2019). Religious characters-based physical education learning in elementary school. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(12), 211–239. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.12.13
Musyarofah, M., & Puspitaningrum, D. (2023). Kendala Penanaman Nilai Karakter Religius Melalui Pendidikan Agama Islam. ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 145–160. https://doi.org/10.47732/adb.v6i2.266
Parni. (2017). Faktor Internal Dan Eksternal Pembelajaran. Tarbiya Islamica, 5(1), 17–30.
Purnamasari, I., & Soegeng, A. Y. Y. (2022). Pelajar Pancasila. In Pusat Penguatan Karakter (PPK) (Vol. 6, Issue 2). https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/profil-pelajar-pancasila/
Putriani, A. D., & Pasaribu, M. (2024). Pembentukan Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan Dan Keteladanan Di Taska Kasih Khadeeja Bandar Bukit Raja Selangor Malaysia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 9570–9581.
Rahma, K., & Mittria, J. (2025). Pemberian Reward Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Kelas III Di MIN 1 Tanjung Agung Kota Bengkulu Giving Rewards to Increase the Learning Spirit of Class III Students at MIN 1 Tanjung Agung Bengkulu City. 4(1), 1–8.
Rahmawati, U., Tsuroyya, N., & Mustagfiroh. (2020). Model Penguatan Agama Melalui Budaya Religius. Jurnal MUDARRISUNA, 10(3), 495–507.
Rita, Wasil M, Jumiyati s, et al. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March).
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613
Sabrina, M., Putri, E., Ngulwiyah, I., Setiawan, S., Guru, P., Dasar, S., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2024). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti PERAN GURU DALAM MEREALISASIKAN PROFIL PELAJAR. 11, 281–294.
Sabrina, U., Ardianti, S. D., & Ermawati, D. (2021). Kendala dalam Menumbuhkan Karakter Religius Anak Usia Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3079–3089. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1233
Safrudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Journal Of Social Science Research, 3(2), 1–15.
Sholeh, N., Hakim, T. F. L., & Mubarok, A. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Di Madrasah Tsanawiyah Walisongo 3 Banyuanyar. Continuous Education: Journal of Science and Research, 4(1), 14–29. https://doi.org/10.51178/ce.v4i1.1290
Solihat, D., Darmiyanti, A., & Ferianto, F. (2022). Penerapan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan di SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 21(2), 187. https://doi.org/10.29300/attalim.v21i1.2778
Tsauri, S. (2015). Pendidikan Karakter Peluang Dalam Membangun Karakter Bangsa.
ulfa, J. s. (2018). Peranan Guru Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Mts Mazaakhirah Baramuli Kelas Viii Pinrang. Cochrane Database of Systematic Reviews, 2018(11), 1–23. http://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/latihan/article/view/1709%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/14651858.CD009115.pub3
Ummah, N. K., & Khuriyah, K. (2021). Hubungan antara Religiusitas dan Pendidikan Karakter di Rumah terhadap Akhlak Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta. Cendekia, 15(1), 117–127. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.663.2019
Ziliwu, M. H., Bawamenewi, A., Lase, B. P., & Harefa, H. O. N. (2024). Peranan Pendidikan Pancasila dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 9956–9965. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5839
Zuriah, N., & Sunaryo, H. (2022). Kontruksi Profil Pelajar Pancasila dalam Buku Panduan Guru PPKn di Sekolah Dasar. Civic Hukum, 7(1), 71–87.
Refbacks
- There are currently no refbacks.