Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Digital dalam Meningkatkan Keterampilan Proses IPA pada Siswa SD
Abstract
This study aims to analyze the effectiveness of digital-based instructional media in improving science process skills among elementary school students. A quantitative approach was applied using a meta-analysis method on empirical studies published between 2020 and 2025. Data were collected through a systematic search in databases such as Google Scholar and ResearchGate,using relevant keywords. The article selection process followed the PRISMA protocol. Eligible studies were analyzed using a random effects model, and effect sizes were calculated using Cohen’s d. The analysis showed effect sizes ranging from 1.07 to 2.49, classified as large to very large effects. These findings indicate that digital learning media have a strong and positive impact on enhancing students’ science process skills. This study recommends the development of more interactive digital media and further research with long-term experimental designs and moderator variable analysis.
Keterampilan proses sains merupakan bagian dari kompetensi abad ke-21 yang esensial dalam membentuk individu yang berpikir kritis, kreatif, dan mampu memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media pembelajaran berbasis digital dalam meningkatkan keterampilan proses IPA pada siswa sekolah dasar. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode meta-analisis terhadap studi empiris yang dipublikasikan pada tahun 2020–2025. Data diperoleh melalui penelusuran sistematis di Google Scholar dan ResearchGate dengan kata kunci yang relevan. Proses seleksi mengikuti protokol PRISMA. Studi yang memenuhi kriteria dianalisis menggunakan model random effects, dan nilai efektivitas dihitung menggunakan Cohen’s d. Hasil analisis menunjukkan nilai effect size berkisar antara 1,07 hingga 2,49, yang termasuk kategori besar hingga sangat besar. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan media pembelajaran digital memiliki pengaruh yang kuat dan positif terhadap peningkatan keterampilan proses IPA siswa SD. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan media digital yang lebih interaktif serta studi lanjutan dengan desain jangka panjang dan variabel moderator.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrianto, D. D. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Scratch-MIT pada Materi Tata Surya untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Guru Sekolah Dasar, 1(6). https://doi.org/https://doi.org/10.70277/jgsd.v1i6.2
Aji, L. J., Hendrawati, T., Febrianti, R., Wulandari, N. D., Gilaa, T., Abdullah, G., Rukmana, L., Rohman, T., Sahib, A., & Simal, R. (2024). MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DALAM DUNIA PENDIDIKAN. PT. Penerbit Qriset Indonesia.
Alfandi, F., Adri, H., & Kholik, A. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Video Dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa SD N Sukagalih 03. Jurnal Ilmu Kependidikan, 1(1). https://didaktikglobal.web.id/index.php/adri/article/view/6/4
Borenstein, M., Hedges, L. V., Higgins, J. P. T., & Rothstein, H. R. (2009). Introduction to Meta-analysis. A John Wiley and Sons, Ltd., Publication.
Budiati, N. T. (2021). Literature Study of PBL (Problem Based Learning) Learning Models on Students’ Science Problem Solving. Social, Humanities, and Educational Studies, 4. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/shes.v4i5.65963
Febriyanti, D., Parwati, N., & Sudarma, I. (2024). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUNAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPA. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 14(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v14i2.3801
Hardiningrum, P. Y., & Agung, A. A. G. (2022). Efektivitas Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning pada Muatan IPA Materi Alat Gerak Hewan untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44834
Ihwana, W., Risnawati, Vebrianto, R., & Hamdani, M. F. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif dalam Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD (Studi Kuasi Eksperimen pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpion.v4i2.451
Illahi, T. A. R., Rahmawati, I., & Setyawan, A. (2021). Pemanfaatan Media Interaktif Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Muatan IPA Siswa Kelas V SDN Sumurwelut 1/438 Surabaya. Nuris Journal of Education and Islamic Studies, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.52620/jeis.v1i2.11
Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2022). Pembelajaran Di Masa Pandemi Dari Krisis Menuju Pemulihan. Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. https://pskp.kemendikdasmen.go.id/assets_front/images/produk/1-gtk/buku/1676365192_Pembelajaran_Di_Masa_Pandemi.pdf
Kinaya, A., Suriani, A., & Nisa, S. (2024). Pengaruh Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Practice Learning and Educational Development, 4(2). https://doi.org/10.58737/jpled.v4i2.281
Lakens, D. (2013). Calculating and reporting effect sizes to facilitate cumulative science: a practical primer for t-tests and ANOVAs. Frontiers in Psychology. https://doi.org/https://doi.org/10.3389/fpsyg.2013.00863
Mayer, R. E. (2014). The Cambridge Handbook of Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge University Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1017/CBO9781139547369
Mayer, R. E. (2020). Multimedia Learning. https://doi.org/https://doi.org/10.1017/9781316941355
Moher, D., Liberati, A., Tetzlaff, J., & Altman, D. (2009). Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses: The PRISMA Statement. PLOS Medicine. https://doi.org/https://doi.org/10.1371/journal.pmed.1000097
Mudina, I. G. N. K., Astawan, I. G., & Sanjaya, D. B. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN GAMIFIKASI TERHADAP EFIKASI DIRI DAN HASIL BELAJAR IPA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(2). https://doi.org/https://www.researchgate.net/deref/https%3A%2F%2Fdoi.org%2F10.38048%2Fjipcb.v9i2.?_tp=eyJjb250ZXh0Ijp7ImZpcnN0UGFnZSI6InB1YmxpY2F0aW9uIiwicGFnZSI6InB1YmxpY2F0aW9uIn19
Noviyanti, A., Mussadat, S., & Amrullah, L. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint pada Muatan Pelajaran IPAS Kelas V SDN 32 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3). https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10711
Oktaviani, A. (2024). Efektivitas Video Animasi dan Penggunaannya dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 30-May-2024. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/78129
Pigott, T. D., & Polanin, J. R. (2019). Methodological Guidance Paper: High-Quality Meta-Analysis in a Systematic Review. Review of Educational Research. https://doi.org/https://doi.org/10.3102/0034654319877153
Putri, F. A. B., & Rezkita, S. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI GONDOLAYU. Jurnal Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v5i3.6122
Rahmawati, & Erfan, P. M. P. I. M. E. untuk K. I. S. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT IPA INTERAKTIF MATERI ENERGI UNTUK SISWA KELAS 3 SDN 2 GONDANG. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26565
Rahmawati, R., Khaeruddin, & Amal, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.163
Research, National Council, D. of B. and S. S. and E. (2012). A Framework for K-12 Science Education: Practices, Crosscutting Concepts and Core Ideas. The National Academies Press. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=b2L5VShktGIC&oi=fnd&pg=PR1&dq=https://nap.nationalacademies.org/catalog/13165/a-framework-for-k-12-science-education-practices-crosscutting-concepts&ots=_bDT79jCe_&sig=KwMZQI2foDjGs9wbwNFGW28E8C8&redir_esc=y#v
Riwanto, M. A., & Budiarti, W. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA SD Terintegrasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.14974
Sukma, K. I., & Handayani, T. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS WORDWALL QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4). https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2767
Utama, Winar, & Purwati, P. D. (2025). PENGEMBANGAN FLIPBOOK BERBANTUAN AUGMENTED REALITY TEKS DESKRIPSI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SEDERHANA SISWA KELAS IV SDN SAMPANGAN 02 KOTA SEMARANG. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26156
Widyaningrum, D. P., Zulfiati, H. M., & Nisa, M. (2022). Penerapan Multimedia Interaktif Powerpoint Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Tematik Muatan IPA Siswa SD. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 3(1). https://doi.org/10.30738/jipg.vol3.no1.a11903
Zahra, F., Wahyudiana, E., & Hadi, W. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF POWERPOINT BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MUATAN IPA KELAS IV SD. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2). https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1058
Refbacks
- There are currently no refbacks.