Literature Study: The Role of Educaplay Interactive Media in Increasing Elementary Students' Learning Motivation

Ratri Ratna Dianingtyas, Anisa Febri Wahyuningsih, Wahyu Arumsari, Fani Febriandini

Abstract

Interactive media, especially Educaplay, plays an important role in motivating elementary students in the digital era. Conventional learning often demotivates, so Educaplay integration is an innovative solution to increase active participation and learning independence. This research aims to analyze the role of Educaplay in increasing elementary students' learning motivation. It uses a literature study method in analyzing six scientific articles on the use of Educaplay in primary schools to identify its impact on motivation and learning outcomes. Educaplay significantly increased students' motivation, attention and enthusiasm. The study showed improvements in learning outcomes (for example, the average score rose from 43.78 to 84.59) and interest in learning (from 72.7% to 89.1%). Its interactive features are effective in attracting attention and facilitating concept understanding. The use of Educaplay has a positive and significant influence in increasing elementary students' learning motivation. It supports independent learning, creates a fun and interactive atmosphere, and contributes to improving the overall quality of learning outcomes, making it relevant in the digital era.

Media interaktif, khususnya Educaplay, berperan penting dalam memotivasi siswa SD di era digital. Pembelajaran konvensional seringkali menurunkan motivasi, sehingga integrasi Educaplay menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan partisipasi aktif dan kemandirian belajar. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran Educaplay dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SD. Menggunakan metode studi literatur dalam menganalisis enam artikel ilmiah tentang penggunaan Educaplay di sekolah dasar untuk mengidentifikasi dampaknya terhadap motivasi dan hasil belajar. Educaplay secara signifikan meningkatkan motivasi, perhatian, dan antusiasme siswa. Studi menunjukkan peningkatan hasil belajar (misalnya, nilai rata-rata naik dari 43,78 menjadi 84,59) dan minat belajar (dari 72,7% menjadi 89,1%). Fitur interaktifnya efektif dalam menarik perhatian dan memfasilitasi pemahaman konsep. Penggunaan Educaplay memiliki pengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SD. Media ini mendukung pembelajaran mandiri, menciptakan suasana menyenangkan dan interaktif, serta berkontribusi pada peningkatan kualitas hasil belajar secara menyeluruh, menjadikannya relevan di era digital.

Keywords

Media Interaktif, Educaplay, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References

Abd Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Barkah. E. S., Awaludin. D., Bahtiar. M. I. E. A. 2024. Implementasi Model Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Enginering, Art, Mathematics): Strategi Peningkatan Kecakapan Abad 21. Jurnal Syntax Admiration, 5(9), 3501-3511

Casfian, Fadhillah, Jihad W. S., Muhamad A. N., Fuadin. (2024). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Teori Konstruktivisme Melalui Media E-Learning. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, (3)2, 636-648.

Ge’e, R. S., & Dahlan, Z. (2025). Pengaruh media interaktif Educaplay terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V sekolah dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 61–70.

Imhar AR. Nailu, & Haeruddin. (2025). Pengembangan media pembelajaran interaktif IPAS berbasis lingkungan untuk kemandirian belajar siswa SD di Palu. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 6(1), 90–101. https://doi.org/10.30738/jipg.vol6.no1.a18680

Pilendia, D., Muhammadiyah, S., & Penuh, S. (2020). PEMANFAATAN ADOBE FLASH SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA : STUDI LITERATUR (Vol. 2, Issue 2). http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/pgsd/login

Ramsi, M. A. (2023). Media Pembelajaran Interaktif Mempengaruhi Tingkat Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran.

Rihani, A. L., Maksum, A., & Nurhasanah, N. (2022). Media interaktif iSpring Suite terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(2), 123–131.

Rohman, A. P. E., Kasdriyanto, D. Y., & Qomariyah, R. S. (2025). Pengaruh penggunaan media pembelajaran digital berbasis Educaplay berbantuan riddle game pada pelajaran Pendidikan Pancasila. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 122–128.

Salma, N., Novyanti, N. H., & Ardillah, A. (2025). Meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS dengan memanfaatkan aplikasi Educaplay. JPSS: Jurnal Pendidikan Sang Surya, 11(1), 620–624.

Savitri, N. D., Putri, P. I., Wulandari, S., & Alpian, Y. (2024). ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DI SEKOLAH DASAR.

Syarmadana, S., Aisyah, N., & Rahmawati, A. (2024). Penerapan media Educaplay dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 13(2), 89–96.

Taurista, P. S., Dewi, L. N., Romadhoni, A. N. P., Sudrajat, R., & Yulianti, E. (2024). Implementasi game Educaplay untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi keragaman budaya Indonesiaku di kelas 5. Jurnal Simki Postgraduate, 7(2), 143–152.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wardani, S. A., Permana, E. P., & Anam, M. (2025). Penggunaan game Educaplay untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi tradisi masyarakat Indonesia. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 101–110.

Widodo. S., Wardani. R. K. 2020. Mengajarkan Keterampilan Abad 21 4c (Communication, Collaboration, Critical Thinking And Problem Solving, Creativity And Innovation) Di Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 185-19

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 05(02), 3928–3936.

Zubaidah, S. (2020). Self Regulated Learning: Pembelajaran dan Tantangan pada Era Revolusi Industri 4 . 0 1. Publikasi Ilmiah, 5(April), 1–19.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.