Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Early reading is an important basic skill for students. Early reading is the main foundation that influences subsequent reading ability. This study aims to describe the difficulties of early reading in second grade students at SDN 1 Kedungwuluh, the factors that cause difficulties in early reading, and the efforts made by teachers to overcome difficulties in early reading. The research method used is qualitative with a case study approach. The sample consists of 18 students in Class II B of SDN 1 Kedungwuluh, selected using purposive sampling. Data collection was conducted through observation, interviews, and documentation, and analyzed using the Miles and Huberman model. The results of the study indicate that: (1) six students experienced early reading difficulties, namely (a) difficulty recognizing letters, (b) omission or substitution, (c) difficulty spelling, (d) adding letters, and (e) reversing letters; (2) the factors causing reading difficulties were (1) psychological factors, (2) family environment factors, and (3) to overcome early reading difficulties, the following measures were taken: (a) teachers providing reading guidance programs, (b) using the SAS method. This study concluded that the involvement of teachers, parents, and students is necessary through the implementation of appropriate strategies and continuous support.
Membaca permulaan merupakan keterampilan dasar yang penting bagi siswa. Membaca permulaan menjadi fondasi utama yang memengaruhi kemampuan membaca selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas II B SDN 1 Kedungwuluh, faktor penyebab yang mempengaruhi kesulitan membaca permulaan, dan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Sampel pada penelitian ini adalah sswa kelas II B SDN 1 Kedungwuluh yang berjumlah 6 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis menggunakan model Miles and Huberman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: siswa mengalami kesulitan membaca permulaan, yaitu kurang mengenali huruf, penghilangan atau penggantian, kesulitan mengeja, penambahan huruf dan pembalikkan huruf; faktor penyebab kesulitan membaca yaitu faktor psikologis dan faktor lingkungan keluarga; untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan antara lain: guru memberikan program bimbingan membaca, menggunakan metode SAS. Penelitian ini menyimpulkan memerlukan keterlibatan guru, orang tua, dan siswa melalui penerapan strategi yang tepat serta dukungan yang terus-menerus.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ain, R. N., & Ain, S. Q. (2024). Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 13(1), 1029–1036. https://doi.org/10.58230/27454312.547 Retrieved from https://jurnaldidaktika.org
Aprilia, ulfiatul inka, Fathurohman, & Purbasari. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I. Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 227–233. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.37266.
Arwita Putri, Riris Nurkholidah Rambe, Intan Nuraini, Lilis Lilis, Pinta Rojulani Lubis, & Rahmi Wirdayani. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 51–62. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i2.1984
Asmawati, Moh.Rudini, Muh.Khaerul, U. B. (2025). Optimalisasi Peran Orang tua dan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 323–338. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24537
Dewi Safitri , Fitri Yuliawati, S. M. K. (2024). Analisis Kesulitan Membaca dengan Penghilangan dan Penambahan Huruf pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(4), 2542–2553. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.7772
Hartini, B. H. D., Intiana, S. R. H., & Jaelani, A. K. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 5 Praya Tahun 2021/2022. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 786–795. https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2866
Herlina, E. S. (2019). Membaca Permulaan untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 5(4), 332–342.
Idayanti, Z., Suleman, M. A., Najib, M., Nisa, A. K., & Prasetyo, A. E. W. A. (2024). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca dan Menulis Siswa Kelas I dan II Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 689–694. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.817
Ilmiyah, Febriyanto P. T. (2024). Pengaruh Kurangnya Peran Orang Tua Terhadap Perkembangan Belajar Siswa Kelas 1 SDN Angsanah. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner Vol, 8(4), 270–275.
Intan, D., Sagala, S., & Kusumawati, T. I. (2024). Classroom Teachers ’ Strategies in Overcoming Reading Learning Difficulties for Grade II Elementary School Students. Dinasti International Joournal Of Education Management And Social Science (DIJEMSS), 5(6), 2026–2033. https://doi.org/https://doi.org/10.38035/dijemss.v5i6
Khofifatin, K., Rahayu Sri Wulan, B., & Wahju Andjariani, E. (2022). Analisis Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Tema 6 Subtema 2 Lingkungan Sekitar Rumahku Kelas I Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1016–1030. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.5878
Khothimatun Fitriyah, N., Resiana Dewi, R., & Salimi, M. (2023). Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Ke-6 (SNIP 2022) SHEs: Conference Series 6 (1) (2023) 555-565 Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar, 6(Snip 2022), 555–565. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/shes
Khusnia, M., Kholidin, N., Pravitasari, D., Nurul, U., Sukara, H., & Timur, O. (2022). Kesulitan Membaca Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas Iii Di Sdn Pujo Rahayu). FingeR : Journal of Elementary School, 1(1), 32–44. Retrieved from https://jsr.unha.ac.id/index.php/FingeR
Leli Mirnawati1, Nurhasanah, H. (2025). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN Tenaru Leli. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika, 6(1), 140–148. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.535
Lestari, N. D. D., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Kasiyun, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2611–2616. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1278
Magitasari, R. Wiarsih, C. (2024). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1A SD Negeri 2 Pliken, 10(02), 266–279. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i2.3555
Meysa Andriani, F. D. (2024). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Sekolah Dasa. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 10(1), 94–108. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v10i1.16603
Miana Aniari, D. A. S., Sudirman, I. N., & Nurmertayasa, I. W. (2024). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 SD N 1 Kawan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 2522–2528. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i2.3185
Muammar, M. P. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Sanabil.
Muslih, M. A., Odah, S. ", Hasan, N., & Tangerang, M. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 2 Di Sd Negeri Pekojan 02 Petang Kota Jakarta Barat. PANDAWA : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 4(1), 66–83. 10.36088/pandawa.v4i1.1570. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Nurrotul A’yuni, Nurul Hikmah, N. S. (2025). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Metode SAS di MIS Hidayatul Mubtadiin. Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 02(01), 157–160.
Perwitasari, T. S., Rohmah, M., & Setyawan, A. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Evaluasi Dan …, 4(2), 68–73. Retrieved from https://jepjurnal.stkipalitb.ac.id/index.php/hepi/article/view/48%0Ahttps://jepjurnal.stkipalitb.ac.id/index.php/hepi/article/download/48/38
Pridasari, F. & Anafiah, S. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I D SDN Demangan Yogyakarta. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(2), 838–844. https://doi.org/10.51178/ce.v3i2.783
Prisna Dwi Herfiani, P. R. dan F. P. A. (2022). Analisis Faktor Kesulitan Membaca Permulaan Pada Peserta Didik Kelas II. Didaktika Dwija Indria, 10(5), 33–38. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/ddi.v10i5.67299
Rahmadani, D. & Sriyanto. (2024). Permulaan Pada Siswa Kelas Iii Di Sdn. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 5746–5752.
Rofi’i, A., & Susilo, S. V. (2022). Kesulitan Membaca Permulaan pada Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1593–1603. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3151
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Udhiyanasari, K. Y. (2019). Upaya Penanganan Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Berkesulitan Membaca Kelas II Di SDN Manahan Surakarta. PLB IKIP PGRI JEMBER, 3(1), 39–50.
Wardono, M. S. (2025). Analisis Kesulitan Mengenal Huruf dalam Membaca Permulaan Peserta Didik di Sekolah Dasar Mohammad. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 12(2), 215–223. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i2.53743
Refbacks
- There are currently no refbacks.