Implementasi Media Konkret Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Sudut
Abstract
Mathematics learning in Class 3B of MIN 2 Kebumen, Kebumen Regency, in the 2025/2026 academic year faced learning difficulties and low academic achievement in the topic of angles. The researcher sought to improve the mathematics achievement of Class 3B students through Classroom Action Research (CAR). The aim of this study was to determine the effect of using concrete media to enhance students' understanding of the angle material. This study was a Classroom Action Research consisting of two cycles, with each cycle including two meetings. Data collection techniques included tests, observation, interviews, and documentation. Data analysis used the Miles, Huberman, and Saldana model, which involves data condensation, data display, and data verification. The research results showed changes after using concrete media in the angle topic. The improvement in the first cycle was 64%, and in the second cycle, it increased to 88%. Based on the initial observation, it was found that students had learning difficulties and low academic performance, with an initial average score of 59.24 and a low mastery level. The study results indicated a significant improvement in student learning achievement. After the intervention, the average student score increased to 79 in the first cycle, while in the second cycle, the initial average score was 65.2 and increased to 88.92. These findings indicate that the use of concrete media in mathematics learning can improve students’ understanding of the angle topic. Thus, concrete media can be considered an effective alternative teaching strategy to overcome learning difficulties in mathematics at the elementary school level.
Pembelajaran Matematika di kelas 3b MIN 2 Kebumen Kabupaten Tahun Pelajaran 2025 / 2026 mengalami Kesulitan belajar dan hasil prestasi matematika rendah pada materi sudut. Peneliti berusaha untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas 3b dengan penelitian Tindakan Kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media konkret untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi sudut. Penelitian ini merupakan penelitian PTK yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengambilan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman & Saldana yang terdiri dari tahap kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian membuktikan bahwa adanya perubahan setelah penggunaan media konkret pada materi sudut. Dengan besar peningkatan di siklus 1 adalah sebebsar 64% dan besar peningkatan di siklus II adalah sebesar 88%. Berdasarkan hasil observasi awal, diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan belajar dan memiliki prestasi yang rendah, dengan rata-rata nilai awal sebesar 59,24 dan tingkat ketuntasan yang rendah. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa. Setelah tindakan dilakukan, rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 79. Hasil ini di peroleh dari siklus pertama, sedangkan hasil yang diperoleh pada siklus kedua menunjukkan nilai rata-rata awal sebesar 65,2 dan nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 88,92. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media konkret dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi sudut. Dengan demikian, media konkret dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam mengatasi kesulitan belajar matematika di tingkat sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, F. (2022). Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Konkret Pada Materi Sudut Siswa Kelas IV SDIP Baitul Maal. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 161-172.
Ayu Irnadianis Ifada, dkk. (2024). Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dalam Pembelajaran Matematika melalui Problem Based Learning Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal: PTK, Vol.4 No.2
Dahlia, D. (2020). Meningkatkan prestasi belajar matematika melalui alat peraga kertas lipat tentang mengenal arti pecahan pada siswa kelas IV SDN 012 Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Pendidikan Rokania, 5(2), 271–282.
Destiari, D., Aminah, M., & Handayani, H. (2024). Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media jam sudut terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi pengukuran sudut. Sebelas April Elementary Education, 3(3), 252–262.
Puspaningtyas, N. D. (2019). Berpikir Lateral Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 24–30.
Rahmawati, S. & Suryani, I. (2019). Penerapan Media Konkret untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas III SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 45-52
Rizal, A. (2020). Dampak Penggunaan Media Konkret dalam Manajemen Pembelajaran terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar (hlm. 54). Jurnal JIPDAS
Setyawan, S. R., & Sutriyani, W. (2023). Pengaruh Media Mathplayground terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(1), 84–91.
Shoimah, R. N. (2020). Penggunaan media pembelajaran konkrit untuk meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep pecahan mata pelajaran Matematika siswa kelas III MI Ma’arif NU Sukodadi Lamongan. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 1–18.
Simanjuntak, R. & Yusnita, I. (2020). Pengaruh Media Konkret terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 88-95.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sutriyani, W., Cahyani, R. N., & Ulum, L. M. (2023). Analisis Penerapan Model Tai Berbantuan Media Konkret Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Materi Sudut. Journal of Professional Elementary Education, 2(1), 90-98.
Taqwwati, A., Fatimah, S., Eliyanto, E., Faisal, F., & Arifah, U. (2024). Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an menggunakan metode Qiroati di TPQ Al-Auliya Rantewringin, Buluspesantren. Tarbi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(3), 376–385.
Wijaya, Rika, Niken Vioreza, and Jan Binsar Marpaung. "Penggunaan Media Konkret dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika." Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III. 2021
Yunus, F. (2024). Dampak Penggunaan Media Konkret dalam Manajemen Pembelajaran terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar (hal. 120). Jurnal Imiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 4(4), November 2024.
Refbacks
- There are currently no refbacks.